TUPOKSI

Sistem tata pamong FTP dilaksanakan berdasarkan struktur organisasi diatas, dimana terdapat 5 unsur pelaksana, yaitu:

A. Unsur Pimpinan Fakultas 

Unsur pimpinan FTP terdiri dari seorang Dekan yang dibantu oleh 3 orang Pembantu Dekan (PD), yaitu PD I bidang Akademik, PD II bidang Administrasi Umum dan PD III bidang Kemahasiswaan. Pejabat Dekanat 2011–2015 diangkat oleh Rektor dengan keputusan No.050/SK/2011, No.251/SK/2011, No.252/SK/2011 dan No.253/SK/2011. Tugas, wewenang dan tanggung jawab Dekanat diatur dalam pasal 30 Statuta UB 2002 juncto Revisi OTK 1995 pasal 13 dan 14 juncto pasal 46, 47 dan 48 PP No 60/1999.

Dekan adalah pemimpin dan penanggung jawab utama fakultas. Dekan dan Pembantu Dekan diangkat dan diberhentikan oleh rektor melalui pertimbangan Senat Fakultas. Masa jabatan Dekan dan Pembantu Dekan adalah 4 (empat) tahun, dan dapat diangkat kembali dengan ketentuan tidak boleh lebih dari dua kali masa jabatan berturut-turut. Adapun tugas pokok dan fungsi dari masing masing Pejabat Dekanat sebagai berikut :

1. Dekan Dekan mempunyai tugas sebagai berikut:

a. Menyusun dan melaksanakan Rencana Strategis yang hendak dicapai dalam masa jabatannya;
b. Menyusun Program Kerja dan Anggaran Tahunan Fakultas;
c. Melaksanakan pengembangan pendidikan tinggi sesuai kompetensinya;
d. Mengkoordinasikan dan memantau kegiatan pendidikan;
e. Mengkoordinasikan dan memantau penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni;
f. Mengkoordinasikan dan memantau kegiatan pengabdian kepada masyarakat;
g. Melaksanakan kerja sama bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan pihak lain di dalam dan luar negeri;
h. Melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kerja sama dengan pihak lain;
i. Mengusulkan pemberian gelar doktor kehormatan bagi seseorang yang memenuhi persyaratan sesuai dengan peraturan yang berlaku setelah mendapatkan pertimbangan Senat Fakultas;
j. Melaksanakan pembinaan sivitas akademika;
k. Melaksanakan urusan tata usaha;
l. Menyusun dan menyampaikan Laporan Tahunan kepada Rektor setelah mendapat penilaian Senat Fakultas.

2. Pembantu Dekan I (Bidang Akadmik) Pembantu Dekan Bidang Akademik mempunyai tugas sebagai berikut:

a. Merencanakan, melaksanakan, mengembangkan, dan melakukan evaluasi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat;
b. Membina Dosen di bidang akademik;
c. Menelaah pembukaan program studi baru di berbagai strata pendidikan;
d. Melakukan inventarisasi kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat;
e. Melakukan pemantauan dan evaluasi proses pembelajaran setiap semester;
f. Melakukan pemantauan dan evaluasi sistem penerimaan mahasiswa baru;
g. Melakukan pengendalian standarisasi baku mutu pendidikan akademik dan profesi;
h. Menyelenggarakan pengelolaan data bidang administrasi akademik;
i. Melakukan koordinasi fungsional dengan Pembantu Rektor Bidang Akademik;
j. Menyusun dan menyampaikan Laporan Tahunan kepada Dekan.

3. Pembantu Dekan II (Bidang Administrasi Umum) Pembantu Dekan Bidang Administrasi Umum mempunyai tugas sebagai berikut:

a. Merencanakan dan mengelola anggaran pendapatan dan belanja Fakultas;
b. Melakukan pembinaan karier dan kesejahteraan Dosen, Tenaga Penunjang Akademik, dan Tenaga Administrasi;
c. Mengurus ketatausahaan, kerumahtanggaan, ketertiban dan keamanan Fakultas;
d. Menyelenggarakan hubungan masyarakat;
e. Menyelenggarakan pengelolaan data bidang administrasi umum;
f. Melakukan pemantauan dan evaluasi kinerja Dosen, Tenaga Penunjang Akademik, dan Tenaga Administrasi;
g. Melakukan koordinasi penyusunan Daftar Usulan Kegiatan, Daftar Isian Proyek, dan Daftar Isian Kegiatan setiap unit kerja;
h. Melakukan koordinasi hasil Laporan Kinerja Instansi Pemerintah di Fakultas;
i. Melakukan koordinasi fungsional dengan Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum;
j. Menyusun dan menyampaikan Laporan Tahunan kepada Dekan.

4. Pembantu Dekan III (Bidang Kemahasiswaan) Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan mempunyai tugas sebagai berikut:

a. Merencanakan, melaksanakan, mengembangkan, dan melakukan evaluasi kegiatan kemahasiswaan;
b. Melakukan pembinaan kesejahteraan mahasiswa;
c. Melakukan usaha peningkatan dan pengembangan minat, bakat, dan penalaran mahasiswa;
d. Melakukan koordinasi dengan Pengurus Komisariat Ikatan Alumni Universitas Brawijaya;
e. Melakukan koordinasi fungsional dengan Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan;
f. Menyusun dan menyampaikan Laporan Tahunan kepada Dekan.

 

B. Senat Fakultas

Senat fakultas merupakan badan normatif tertinggi di fakultas. Sesuai dengan Statuta UB 2002 (pasal 31), pasal 15 Revisi OTK 1995 dan pasal 49 PP No. 60/1999, Senat Fakultas terdiri dari Guru Besar, Pimpinan Fakultas (Dekan dan para PD), Ketua Jurusan dan wakil dosen yang dipilih mewakili jurusan. Senat Fakultas dipimpin oleh seorang Ketua yang secara ex officio dijabat oleh Dekan. Tugas pokok Senat Fakultas telah diatur dalam Statuta UB 2002 dan Revisi OTK 1995. Senat FTP mempunyai 20 orang anggota (SK No. 004/SK/2008), termasuk Ketua. Dalam melaksanakan tugasnya, senat fakultas Teknologi Pertanian membentuk komisi-komisi yang beranggotakan anggota senat (SK No.34/SKFTP/2010). Tatacara pengambilan keputusan dalam rapat senat diatur dalam tata-tertib rapat senat. Senat Fakultas diangkat dan diberhentikan oleh Rektor atas usulan Dekan selaku Ketua Senat. Senat fakultas mempunyai tugas pokok:

a. Merumuskan kebijakan akademik, baku mutu pendidikan, dan pengembangan fakultas;
b. Merumuskan kebijakan penilaian prestasi akademik dan kecakapan serta kepribadian dosen;
c. Merumuskan norma, etika, dan tolok ukur pelaksanaan penyelenggaraan fakultas;
d. Menilai pertanggungjawaban dan pelaksanaan program dan anggaran yang telah ditetapkan oleh Dekan;
e. Memberikan pertimbangan kepada Rektor mengenai calon yang diusulkan untuk diangkat menjadi Dekan, Pembantu Dekan, Ketua dan Sekretaris Jurusan;
f. Merumuskan kebijakan penilaian prestasi akademik, kecakapan dan kepribadian sivitas akademika di tingkat fakultas;
g. Memberikan pertimbangan terhadap usulan pemberian gelar doktor kehormatan bagi seseorang yang memenuhi persyaratan sesuai dengan peraturan yang berlaku;
h. Memberikan pertimbangan dan persetujuan atas rencana anggaran pendapatan dan belanja Universitas yang diajukan oleh Dekan;
i. Menilai pertanggungjawaban dan pelaksanaan kebijakan yang telah dijalankan oleh Dekan;
j. Memberikan pertimbangan untuk Dosen yang diusulkan menduduki jabatan fungsional akademik yang lebih tinggi;
k. Memberikan pertimbangan untuk Dosen yang diusulkan menduduki jabatan fungsional guru besar;
l. Mengusulkan pemberian gelar doktor kehormatan;
m. Mengesahkan rincian tugas dan organisasi tata kerja di tingkat fakultas.

C. Unsur Pelaksana Akademik

Unsur-unsur pelaksana akademik di FTP terdiri dari Jurusan, Program Studi dan Laboratorium.

Jurusan
Jurusan merupakan unit pengelola administrasi akademik yang melaksanakan pendidikan akademik pada program sarjana dan program pascasarjana. Jurusan dipimpin oleh seorang ketua dan didampingi seorang sekretaris yang diangkat dan diberhentikan oleh rektor atas usul dekan, serta bertanggung jawab langsung kepada dekan. Ketua jurusan mengkoordinasikan semua program studi terkait untuk menjamin baku mutu pendidikan. dan ekstensi, serta bentuk-bentuk lain yang dianggap perlu diatur melalui Keputusan Rektor. Dalam melaksanakan tugasnya Ketua Jurusan dibantu seorang Sekretaris Jurusan. Ketua Jurusan selain memiliki tugas mengkoordinir para kepala laboratorium, juga mempunyai tanggungjawab melakukan monitoring dan mengevaluasi langsung kinerja para dosen. Fakultas Teknologi Pertanian terdiri dari 3 Jurusan, yaitu Teknologi Hasil Pertanian (THP), Keteknikan Pertanian (TEP) dan Teknologi Industri Pertanian (TIP).

Program Studi
Program studi merupakan penyelenggara program-program pendidikan tinggi yang diselenggarakan atas dasar suatu kurikulum. Program Studi Pascasarjana yang bersifat lintas jurusan dapat diselenggarakan di bawah fakultas yang memiliki/menggunakan sumber daya terbanyak. FTP memiliki tiga PS jenjang S-1 (PS ITP, TEP dan TIP) dan dua PS magister (S-2 PS THP dan TIP)

Laboratorium
Laboratorium (Lab.) merupakan wadah bagi sivitas akademika melakukan pengembangan ilmu melalui penelitian dan melakukan praktek belajar. Laboratorium dipimpin oleh seorang ketua laboratorium/studio yang ditunjuk atas dasar kompetensi bidang ilmunya serta kemampuannya melakukan pengembangan ilmu. Tugas seorang ketua laboratorium adalah melakukan pengelolan laboratorium, melakukan koordinasi serta memimpin pengembangan ilmu pada bidang kajian tertentu melalui kegiatan penelitian. Laboratorium beranggotakan kelompok dosen. Dalam satu laboratorium dapat dibentuk lebih dari satu kelompok dosen. Laboratorium didukung oleh tenaga penunjang akademik yang terdiri dari peneliti, teknisi, laboran, dan tenaga administrasi.

D. Unsur Pelaksana Administrasi

Fakultas Teknologi Pertanian ditopang oleh unsur pelaksana administrasi untuk membantu kelancaran pelaksanaan tugas Pimpinan Fakultas dan Jurusan. Unsur pelaksana administrasi dipimpin oleh Kepala Bagian Tata Usaha (KTU) yang dalam operasionalnya membawahi empat orang Kepala Sub-bagian (Kasubbag) meliputi Kasubbag Akademik, Kasubbag Keuangan dan Kepegawaian, Kasubbag Umum dan Perlengkapan dan Kasubbag Kemahasiswaan. Selain itu KTU juga bertugas mengkoordinir tenaga administrasi dan karyawan lainnya yang berada di masing-masing jurusan atau program studi. Pengarsipan dan pengkonsepan surat-surat penting, seperti Surat Keputusan (SK), pengontrolan Surat Pertanggungjawaban Keuangan (SPJ) dan jalur sirkulasi administrasi, baik yang masuk maupun keluar dari dan ke masing-masing pimpinan fakultas dilakukan di bawah tanggung jawab KTU.

1. Kepala Tata Usaha
Tugas dan kewajiban Kepala Tata Usaha adalah sebagai berikut:
a. Bersama-sama dengan pimpinan fakultas menyusun rencana dan program kerja Bagian dan mempersiapkan penyusunan rencana dan program kerja Fakultas;
b. Mengkoordinasikan Kasubbag dalam melaksanakan tugas agar terjalin kerjasama yang baik;
c. Menyelia pelaksanaan tugas Kasubbag agar hasil yang dicapai sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan;
d. Menilai prestasi kerja Kasubbag di lingkungan Bagian Tata Usaha sebagai bahan pembinaan dan pengembangan karier;
e. Menghimpun dan menelaah peraturan perundang-undangan di bidang ketatausahaan, akademik dan kemahasiswaan;
f. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi kegiatan ketatausahaan di lingkungan Fakultas;
g. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

2. Kepala Sub Bagian Pendidikan
Tugas dan kewajiban Kepala Sub Bagian Pendidikan adalah sebagai berikut:
a. Bersama-sama dengan pimpinan fakultas menyusun rencana dan program kerja Sub Bagian dan mempersiapkan penyusunan rencana dan program kerja Bagian;
b. Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
c. Menilai prestasi kerja bawahan sebagai bahan pembinaan dan pengembangan karier;
d. Menghimpun dan mengkaji peraturan perundang-undangan di bidang akademik;
e. Menyusun bahan konsep kalender akademik berdasarkan data dan informasi sebagai bahan masukan atasan;
f. Melakukan koordinasi penyusunan jadwal perkuliahan, praktikum dan pelaksanaan ujian;
g. Melakukan koordinasi administrasi perkuliahan (KHS, KRS, KPRS dan evaluasi hasil belajar), praktikum dan pelaksanaan ujian;
h. Menghimpun dan mengklasifikasi data pencapaian target, kurikulum, prestasi belajar mahasiswa, kegiatan pendidikan dan pengajaran sebagai bahan penyusunan kebijakan pimpinan;
i. Melakukan administrasi ijazah dan transkrip akademik;
j. Melaporkan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai pertanggungjawaban;
k. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

3. Kepala Sub Bagian Keuangan dan Kepegawaian
Tugas dan kewajiban Kepala Sub Bagian Keuangan dan Kepegawaian adalah sebagai berikut:
a. Bersama-sama dengan pimpinan fakultas menyusun rencana dan program kerja Sub Bagian dan mempersiapkan penyusunan rencana dan program kerja Bagian;
b. Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
c. Menilai prestasi kerja bawahan sebagai bahan pembinaan dan pengembangan karier;
d. Menghimpun dan mengkaji peraturan perundang-undangan di bidang keuangan dan kepegawaian;
e. Melakukan penerimaan, penyimpanan, pengeluaran, pembuktian dan pertanggungjawaban keuangan;
f. Melakukan pembayaran gaji, tunjangan ikatan dinas, lembur, vakasi, perjalanan dinas, pekerjaan borongan dan pembelian;
g. Menyiapkan bahan untuk penyusunan konsep rencana pembayaran rutin dan pembangunan;
h. Menyiapkan bahan untuk menyusun konsep rencana kebutuhan pegawai (formasi pegawai), mutasi pegawai seperti kenaikan pangkat, kenaikan jabatan, pelimpahan  pegawai, penempatan, pemindahan, pensiun sesuai dengan data dan informasi untuk diproses lebih lanjut;
i. Menyusun konsep pengembangan pegawai seperti latihan prajabatan, Ujian Dinas, kursus, diklat dan lain-lain;
j. Melakukan urusan yang berkaitan dengan cuti dan pelayanan kesejahteraan pegawai, seperti santunan kematian, insentif, lembur, dan lain-lain;
k. Mempersiapkan usul pemberian penghargaan pegawai, seperti Satyalancana Karya Satya, Pegawai/Dosen Teladan;
l. Melaporkan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai pertanggungjawaban;
m.Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

4. Kepala Sub Bagian Umum dan Perlengkapan
Tugas dan kewajiban Kepala Sub Bagian Umum dan Perlengkapan adalah sebagai berikut:
a. Bersama-sama dengan pimpinan fakultas menyusun rencana dan program kerja Sub Bagian dan mempersiapkan penyusunan rencana dan program kerja Bagian;
b. Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
c. Menilai prestasi kerja bawahan sebagai bahan pembinaan dan pengembangan karier;
d. Menyusun Laporan Akhir Tahunan dan Lakip;
e. Menghimpun peraturan perundang-undangan di bidang ketatausahaan, kerumahtanggaan, dan perlengkapan;
f. Memantau urusan persuratan, pengetikan, pengadaan ekspedisi dan kearsipan di lingkungan fakultas;
g. Memantau pemeliharaan, kebersihan, keindahan, dan keamanan fakultas;
h. Melakukan persiapan penerimaan tamu pimpinan dan rapat-rapat pimpinan;
i. Menyusun rencana dan mengelola kebutuhan dan pengadaan barang perlengkapan;
j. Melaporkan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai pertanggungjawaban;
k. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan. 

5. Kepala Sub Bagian Kemahasiswaan
Tugas dan kewajiban Kepala Sub Bagian Kemahasiswaan adalah sebagai berikut:
a. Bersama-sama dengan pimpinan fakultas menyusun rencana dan program kerja Sub Bagian dan mempersiapkan penyusunan rencana dan program kerja Bagian;
b. Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
c. Menilai prestasi kerja bawahan sebagai bahan pembinaan dan pengembangan karier;
d. Mengkoordinir semua kegiatan lembaga kemahasiswaan bidang kesejahteraan mahasiswa, penalaran, bakat minat, PKM, dan hubungan alumni;
e. Mengkoordinir semua kegiatan administrasi Sub Bagian Kemahasiswaan;
f. Membuat laporan pertanggungjawaban keuangan bagian kemahasiswaan;
g. Mengkoordinir dan membuat pertanggungjawaban kegiatan Orientasi Mahasiswa (ORMAWA), KKN Mapres, dan wisuda fakultas;
h. Membuat SOP bagian kemahasiswaan;
i. Melaporkan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai pertanggungjawaban;
j. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

id_IDIndonesian