(Indonesian) Visitasi PEKPPP

(Indonesian) Bekerjasama dengan FTP UB, DKP3 Bontang Dukung Program Presiden Makan Gratis
October 23, 2024
(Indonesian) 2 SMA Jabodetabek Kunjungi FTP
October 30, 2024

(Indonesian) Visitasi PEKPPP

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Biro Organisasi Tata Laksana (Ortala) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia mengunjungi Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB), Selasa (29/10/2024) . Kunjungan tim Ortala yang terdiri dari Swandita Adinata dan Novi Ramadhani tersebut dalam rangka Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik (PEKPPP) Mandiri sebagai bahan penyusunan rekomendasi dalam perbaikan pelayanan pada keseluruhan ruang lingkup pelayanan publik yang meliputi pelayanan barang, jasa, dan administratif.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Dekan II FTP bidang Umum, Keuangan dan Sumber Daya, Dr. Dodyk Pranowo, STP. MSi. menjelaskan bahwa pelayanan publik di FTP sudah terstandarisasi dengan acuan peraturan Dekan yang memuat tentang Standar Pelayanan, Jenis Layanan dan Maklumat Pelayanan. Dr. Dodyk juga menjelaskan bahwa  pelayanan publik di Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), telah mendapatkan penilaian baik berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) tahun sebelumnya sebesar  94,55 pada skala 0 hingga 100.  Angka ini menunjukkan bahwa kualitas layanan sangat baik, berada direntang yang sangat memuaskan, bahkan hampir mendekati nilai maksimal.

Sementara itu Swandika menyatakan penilaian PEKPPP ini dilakukan sebagai bahan penyusunan rekomendasi dalam perbaikan pelayanan pada keseluruhan ruang lingkup pelayanan publik yang meliputi pelayanan barang, jasa, dan administratif. Adapun proses penyusunan standar pelayanan publik harus melibatkan lima unsur yaitu masyarakat, media, profesional, LSM, praktisi, akademisi hingga orangtua mahasiswa. Swandika juga menyarankan publikasi layanan hendaknya disosialisasikan melalui website dan media sosial.

Sementara Novi Ramadhani menyarankan agar maklumat pelayanan dapat mengacu pada KemenpanRB. Lebih lanjut Novi juga menyarankan agar UB Care dapat teringrasi dengan SPAN-LAPOR untuk menyerap aspirasi masyarakat.

Selain memberikan masukan terkait aspek penilaian PEKPPP yang meliputi kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan serta inovasi, tim ORTALA juga melakukan penilaian langsung seluruh sarana dan prasarana FTP UB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content