CARE HIMATETA Lebarkan Sayap Hingga ke Rembang

Pengumuman Pengambilan Transkrip Periode XII TA 2015/2016
September 21, 2016
Pengumuman Pengambilan Transkrip Periode VII, X TA 2015/2016 dan Periode I – II TA 2016/2017
Oktober 10, 2016

CARE HIMATETA Lebarkan Sayap Hingga ke Rembang

1472909993149Setelah sebelumnya bekerjasama dengan PT PJB UBJOM PLTU Pacitan melakukan implementasi 100 biopori pada tahun 2015, kini CARE lebarkan sayap aksinya melalui penerapan 100 lubang resapan biopori di PT PJB UBJOM PLTU Rembang Jawa Tengah. Creative Action for Environment  (CARE) merupakan salah satu tim di bawah naungan Himpunan Mahasiswa Keteknikan Pertanian (HIMATETA) Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) yang bergerak di bidang lingkungan.  Kerjasama penerepan biopori sebagai  Green Power Plant antara CARE dan PT PJB UBJOM PLTU Rembang yang terletak di  desa Trahan dan Leran, Kecamatan Sluke 22 km sebelah timur kota Rembang, Kabupaten Rembang, Propinsi Jawa Tengah ini dilakukan dalam rangka memenuhi  peraturan wajib PROPER atau persyaratan lingkungan setiap industri besar oleh BAPPEDAL (Badan Pengendalian Dampak Lingkungan) untuk pelestarian lingkungan,

Penerapan lubang resapan biopori ini diharapkan dapat membantu proses kesuburan serta meningkatkan cadangan air tanah. Biopori merupakan  lubang-lubang yang dibuat pada permukaan bumi dengan peran sebagai pintu masuk air hujan. Berdasarkan penelitian, teknologi biopori terbukti dapat mengurangi limpasan (run off) air hujan secara signifikan dengan meresapkan lebih banyak volume air hujan kedalam tanah. Lubang resapan biopori nantinya akan berfungsi sebagai depresan yang dapat menampung aliran air permukaan untuk memberi kesempatannya meresap kedalam tanah. Lubang resapan biopori ini diisi dengan sampah-sampah organik untuk memancing mikroorganisme dalam tanah. Pergerakan mikroorganisme dalam tanah inilah yang kemudian akan membuat alur-alur pori didalam tanah guna mempercepat penyerapan air oleh tanah yang selanjutnya disimpan pada daerah cekungan air dalam tanah.

Melalui penerapan 100 biopori yang ditanam di sekitar taman dan landscape sisi timur gedung circulating water pump (CWP) PT PJB UBJOM PLTU Rembang pada 22 Agustus hingga 29 September 2016 ini diharapkan dapat memperbaiki kualitas lingkungan disekitar area PLTU Rembang, dapat meningkatkan upaya penghijauan area PLTU Rembang dan dapat meningkatkan kualitas lingkungan menuju Green Power Plant. CARE HIMATETA Universitas Brawijaya pun berharap dapat bekerjasama dengan instansi-instansi lain untuk terus memperbaiki kualitas lingkungan. Salam Lestari. Care Himateta, Go Action. (dse)

1475470808907 1472909217702

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian