Dosen TEP Sharing Ilmu Menulis Karya Ilmiah pada Mahasiswa UB

FTP UB Jalin Kerjasama dengan UPN Veteran Jawa Timur
Maret 1, 2019
Pelatihan Manajemen Stress
Maret 5, 2019

Dosen TEP Sharing Ilmu Menulis Karya Ilmiah pada Mahasiswa UB

Angky Wahyu Putranto, STP. MP., dosen Keteknikan Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian berbagi tips dan kiat kiat menulis karya ilmiah yang baik di hadapan sekitar 100 mahasiswa UB pegiat UKM RKIM (Riset dan Karya Ilmiah Mahasiswa), Sabtu (23/02/2019) di Gedung LPPM UB lantai 10.

Dalam paparannya , Angky mengusung topik “Peran Strategis Riset dalam Membangun Indonesia yang Berdaya Saing dan Berdaulat”. Dijelaskan bahwa salah satu parameter keberhasilan suatu universitas dilihat dari jumlah prestasi yang dapat diraih. Salah satu prestasi tersebut dapat diraih melalui riset lalu dituangkan dalam bentuk tulisan ilmiah yang nantinya akan menghasilkan karya ilmiah. Universitas Brawijaya sendiri setiap tahun selalu menorehkan beragam prestasi, terutama di bidang keilmiahan. Hal itu menjadi pemicu anggota RKIM (Riset dan Karya Ilmiah
Mahasiswa) agar dapat meningkatkan iklim kepenulisan ilmiah yang baik.

Secara umum dijelaskan juga bahwa riset adalah penelitian untuk mendapatkan fakta atau menguji suatu fakta yang dilakukan secara sistematis, kritis, dan ilmiah berdasarkan pengetahuan.  Pembangunan suatu bangsa sangat berkaitan dengan riset yang telah dilakukan, termasuk riset di bidang sains dan teknologi. Ini karena riset dapat menemukan sumber masalah yang terjadi dan sekaligus mencari solusi praktisnya. Tentunya jika penyajian riset tersebut ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami dilengkapi dengan data dukung ilmiah yang faktual dan akuntabel. Karenanya diperlukan teknik menulis sekaligus mempublikasikan riset yang telah dilakukan tersebut dengan tepat.

Artikel penelitian atau riset yang baik terdiri dari beberapa komponen yaitu : judul, nama penulis dan asal institusinya, abstrak, pendahuluan, metode yang digunakan, hasil, pembahasan, saran dan kesimpulan, daftar pustaka serta lampiran (jika ada).Selain itu unsur penting dalam penulisan artikel ilmaih adalah alur pikir ilmiah, sistematika penulisan serta penggunaan bahasa yang benar. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian