Perkuat Hubungan Internasional, FTP UB Jalin Kerjasama dengan University of Miyazaki Jepang

Daftar Presensi Pasca Sarjana FTP Genap 2016/2017
April 28, 2017
Kuliah Tamu Efficiency Improvement dari Mahidol University Thailand
Mei 3, 2017

Perkuat Hubungan Internasional, FTP UB Jalin Kerjasama dengan University of Miyazaki Jepang

dekan ftp ub dan dean faculty of agricultural UoM jepangFakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya mengunjungi University of Miyazaki (UoM), Jepang, Rabu (19/04/2017). Rombongan FTP  UB yang terdiri dari Dekan FTP, Dr. Ir. Sudarminto Setyo Yuwono, M.App.Sc., Wakil Dekan Bidang Akademik, Agustin Krisna Wardani, STP. MSi. Ph.D., Ketua Program Studi S2 Teknologi Industri Pertanian, Irnia Nurika, STP. MP.Ph.D. dan dosen Teknik Lingkungan, Dr. Eng. Akhmad Adi Sulianto diterima langsung Dekan Faculty of Agriculture University of Miyazaki Japan, Prof. Hirohiko Kagawa, Ph.D. didampingi Wakil Dekan Bidang Akademik dan Internasional serta beberapa profesor dari Faculty of Engineering UoM Japan.

Kunjungan yang dilakukan untuk melakukan penjajagan kerjasama antara FTP UB dengan Faculty of Engineering dan Faculty of Agriculture UoM Japan.  Potensi kerjasama yang dapat dikembangkan antara kedua institusi terkait dengan  riset area yang dimiliki oleh staf FTP UB. Dari hasil diskusi disepakati akan dilakukan kerjasama antara lain dalam bentuk joint supervision, joint research, student exchange, staff exchange dan juga potensi dilaksanakannya program double degree serta pemanfaatan fasilitas laboratorium UoM untuk penelitian dosen dan mahasiswa FTP UB.  Tak hanya membahas potensi kerjasama antara kedua institusi, pada kesempatan tersebut FTP UB juga berkesempatan melihat fasilitas penelitian yang terdapat di Department of Agriculture UoM.

foto bersama kunjungan ke jepangSebagai langkah awal, inisiasi kerjasama akan dilakukan di bidang Food Science dan Nutrition bersama Prof. Hiroyuki Sakakibara dari Department of Biochemistry and Applied Biosciences, , Prof. Ikeda Masahiro dari Department of Veterinary Pharmacology  serta kerjasama di bidang biorefinery dengan Prof Ichiro Kamei dari Department of Forest and Environmental Sciences University of Miyazaki Jepang. Tak hanya itu, FTP UB juga akan melakukan kerjasama dengan Faculty of Engineering UoM Japan bersama Prof. Keisuke Murakami melalui kegiatan Research Fellowship JASSO dan Japan-Asia Youth Exchange Program in Science (SAKURA Exchange Program in Science) selama 3 tahun mulai tahun 2017 sampai tahun 2019. Bentuk kegiatan dalam program ini adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa S1 dan S2 untuk melakukan kunjungan di Jepang guna memperoleh informasi terkait perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini di Jepang.

Dekan FTP UB berharap “Ini merupakan langkah strategis FTP di tingkat dunia. Harapannya hasil kerjasama dengan UoM ini akan dapat memberikan daya ungkit signifikan terhadap kualitas riset dosen FTP UB yang akhirnya akan menghasilkan publikasi internasional. Dengan demikian ini akan berkorelasi positif dengan peningkatan ranking UB di level nasional maupun internasional,” pungkasnya. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian