PRINGITION Ciptakan Desa Mandiri

Mahasiswa FTP Harumkan Indonesia di Korea
Juni 21, 2017
Jadwal SP 2017
Juli 4, 2017

PRINGITION Ciptakan Desa Mandiri

Malang-Realisasi dari Visi Mahasiswa sebagai agen of change nampaknya berusaha dilakukan oleh Sekelompok Mahasiswa Universitas Brawijaya, Fakultas Teknologi Industri Pertanian mulai bulan Maret(15/03/ 2017). Lewat Inovasi mereka tentang pemberdayaan masyarakat khususnya kalangan petani di Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo ,Kota Batu. melalui konsep PRINGITION (Price, Controling and distribution) Sekelompok mahasiswa ini berusaha memberdayakan semua komponen dalam desa Junrejo yaitu para remaja, ibu-ibu yang tergabung dalam PKK dan para petani. Pemberdayaan Desa Junrejo sebagai desa mandiri menurut koordinator tim Chastita adalah usaha yang ia dan timnya mengabdikan diri lewat pengaplikasian ilmu mereka selama perkuliahan.

“PRINGTION merupakan salah satu bentuk pengabdian kami kepada masyarakat dengan mengaplikasikan ilmu yang kami dapatkan selama perkuliahan.Tujuan dari program ini yakni menjadikan Desa Junrejo sebagai desa mandiri dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Junrejo terlebih para petani dimana kesejahteraan mereka masih belum terjamin.”Ujar Chastita, coordinator dari program ini.

PRINGITON sebagai program pengabdian masyarakat diharapkan mampu membantu kesejahteraan masyarakat Desa Junrejo yang diaman sebagian besar penduduknya bekerja di sektor pertanian dengan tiga pilar pokok bahasan. Tiga pokok bahasan yaitu proses Pre Harvest, Post Harvest, dan Distribution adalah rangkaian tahapan sistem penyuluhan. Pre Harvest menargetkan sosialisasi kepada para remaja karang taruna dan para petani. Untuk Bahasan Post Harvest target sosialisasi dan pelatihannya lebih mengarah kepada para remaja dan ibu-ibu PKK. Dalam Post Harvest pelatihan yang mereka lakukan mulai dari perhitungan BEP (Break Even Point),  HPP (Harga Pokok Produksi), dan  Pengemasan, serta Penyimpanan komoditas pertanian. Terakhir pada bahasan Distribution, para pemuda sebagai generasi penerus di sektor pertanian Desa Junrejo oleh Chastita beserta timnya lebih dikenalkan menjadi motor penggerak atau sistem Rantai pasok dan Costumer link Desa Junrejo, diharapkan dengan sosialisasi Konsep PRINGITION (Price, Controling and distribution) Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu ini kedepannya dapat menjadi Desa yang mandiri sepenuhya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian