ESP FTP Hadirkan Open Debate Tournament se Jawa – Bali

Karya Mahasiswa FTP Terpilih dalam Daftar 109 Inovasi Indonesia Terpilih 2017
Agustus 11, 2017
Sosialisasi Google Scholar
Agustus 15, 2017

ESP FTP Hadirkan Open Debate Tournament se Jawa – Bali

Lembaga Kegiatan Mahasiswa (LKM) English Special Purpose (ESP) Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya menyelenggarakan Open Debating Competition (EODC)  2017 yang berlangsung 3 hari berturut turut, Jumat – Minggu (11-13/08/2017).

Open Debating Competition (EODC) merupakan kompetisi debat terbuka bertagline “Involve Yourself, Improve Yourself,  Brighten The Future” ini terbuka untuk umum dari berbagai usia dan komunitas debat yang ada di masyarakat.  Kompetisi debat terbuka EODC 2017 persembahan LKM ESP ini diikuti oleh 16 tim dan 6 peserta perorangan se- Jawa-Bali.   EODC 2017 menggunakan sistem Asian Parliamentary dimana terdapat 2 tim yang saling berhadapan dalam satu pertandingan. Sistem ini akan dilaksanakan dengan 3 putaran babak penyisihan yang akan dilanjutkan dengan babak perempat final (8 tim), semifinal dan final. Dengan sistem ini, masing masing tim yang terdiri dari tiga pembicara membawakan pidato utama selama 7 menit, diikuti dengan pidato jawaban selama 5 menit, serta diperbolehkan adanya interupsi.

Penentuan pemenang ditentukan oleh perolehan poin yang merupakan akumulasi Victory Points, jumlah total poin setiap babak serta jumlah total margin. Beberapa kriteria penjurian yang dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari Ms. Nila Ellyana (Universitas Brawijaya); Mr. Dhanny Lazuardi Ramadhan (Universitas Gadjah Mada) dan Mr. I Made Arisanto Jonathan Adiwisaka (Institut Teknologi Bandung) adalah Matter (40%) yang memperhatikan mengenai substansi debat, argument dan bukti-bukti yang disajikan, penalaran logis, dan penyampaian argument;  Manner (40%) berupa gaya penyampaian pidato, keahlian persuasi, dan tindakan peserta serta Method (20%) untuk menilai respon yang dinamik dari debat dan kesesuaian prinsip-prinsip debat. Terpilih sebagai pemenang EODC 2017 adalah tim Destiny’s child dari  Rodelisa Institute Malang sebagai juara pertama diikuti tim Upil – Unersitas Gadjah Mada Yogyakarta di posisi kedua dan tim Ln T dari Institut Teknologi Bandung sebagai juara ketiga. Seluruh pememeng berhak atas hadiah trophy, sertifikat dan uang tunai. (dse)

[metaslider id=14341]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian