Expo Harmoni Karya Anak Bangsa 2016

Jadwal UAS Genap 2015/2016
Mei 26, 2016
Dekan FTP UB Tanda Tangani MoU dengan SMKN 5 Bojonegoro
Mei 26, 2016

Expo Harmoni Karya Anak Bangsa 2016

IMG_6619Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya menggelar Expo Harmoni Karya Anak Bangsa 2016 di Loby FTP lantai 1, Rabu (25/05/2016). Sebanyak 72 produk unggulan karya mahasiswa dan dosen dipamerkan secara gratis kepada khalayak umum mulai pukul 08.00 pagi.  Penggagas expo yang juga merupakan Wakil Dekan III FTP, Yusuf Hendrawan, STP.M.App.Life.Sc. Ph.D. menjelaskan, “Ini ekspo pertama yang melibatkan mahasiswa. Biasanya kan hanya dosen. Sekarang ini masih prototipe. Mahasiswa membuat dengan dana Kemenristek Dikti lewat PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa). Jika dikembangkan industri maka bisa memodalinya menjadi prototipe lebih besar. Makanya kami mengundang pihak luar  sepert instansi pemerintah, balai-balai dan dinas terkait. Melalui media seperti pameran ini, kami berharap masyarakat luas, instansi pemerintah dan juga perusahaan mengetahui bahwa banyak produk-produk inovasi yang dimiliki oleh FTP UB” paparnya.

Dr Yusuf juga mengatakan dengan adanya pameran ini dapat memfasilitasi para mahasiswa lainnya yang punya karya unggulan agar bisa dikembangakan dan disosialisasikan hingga pemegang kebijakan dari luar kampus mengenal sekaligus memberi peluang pengembangan bagi mahasiswa, agar mampu berkiprah setelah lulus.   “Ini sesuai dengan tujuan dari UB, yakni menciptakan wirausaha baru. Harapannya dengan dikenalnya produk-produk ini, industri bisa berkolaborasi dengan hasil penelitian mahasiswa,” pungkas wakil dekan termuda se UB ini.

IMG_2490 - CopyBeberapa produk unggulan yang dipamerkan antara lain Susu Listrik, RapDe pendeteksi pestisida, Total Flex, F-Ray pada kategori bahan pangan. Ada pula produk pengolahan limbah seperti ACTION (Automatic Ohmic Heating Technology),G-WARS (Grey Water Recycle System),Water Strider (Pendeteksi Sedimen dan Kualitas Air Waduk. Selain itu pada kategori ecogreen technology  terdapat produk dengan inovasi terkini seperti SAFARI OS-002 (Smart Farm Nanotechnology),MACRON (Modern Microalgae Greenwall),MI ITEM (Microprecision Intellegent Dryer Machine),Peremas Pereduksi Emisi Gas pada Cerobong Asap. Tak hanya itu expo ini juga memamerkan ragam teknologi bangunan pertanian seperti SI-GERY (Smart Photovoltaic Greenhouse Dryer),MAHIR (Maggot Hermetia illusence Nursery Room),UDI (Underground Drip Irrigation). Pada kategori aplikasi teknologi terdapat SUSY Implementasi Software,ROMINGS (Rotary Farming Tools) dan AWAST (Automatic Waste Treatment). Sementara pada produk pengolahan susu terdapat AYTRON (Automatic Yogurt Bioreactor),M3 (Modern Milking Machine) dan SACEF (Smart Controller Fermenter). Pada kategori egg machines terdapat aneka karya seperti ULTRON (Ultimate Electric Extraction Technology), OSMART (Osmotic Salted Egg Maker Technology) , CRESPATECH (Cracked Egg Separator And Pasteurisation Technology), Aplikasi Automatic Fish Floss Frying Berbasis Deep Fat Technology,NEAKER (Nira Easy Taker) dan LAMP (Lighting Apple Manipulation Photoperiodism). Pada kategori pemanfaatan limbah terdapat  MCK Waste Goes to Eco Green, MOBO (Modified BOD5 Berbasis Kontrol Suhu),LOW-SEEZER (Slow Release Nanofertilizer) dan SILAMBU (Silikon dari Abu Ampas Tebu). Pada kategori produk pewarna terdapat Produksi Biopigmen ARICAN (Angkak from Rice and Bran),BLUEROBIA (Ekstrak Bunga Telang) Pengganti Pewarna Sintetik,Potensi Penepungan Pisang Mas sebagai Agen Antibrowning dan SIPOLOS (Sintesis Polimer Polipirol-Selulosa). Expo gelaran FTP ini juga mengangkat produk pangan fungsional seperti Eksplorasi Nannochloropsis sp.dalam Produksi Super Food,T-CHI (Aplikasi Ekstrak Mikroalga Tetraselmis chuii),Upgrading Status Gizi dan Image Makanan Tradisional Cenil,Produksi Omega 3 dan Omega 6 dengan Fermentasi Limbah Pisang.Ada pula produk karya Agritech Research Study Club (ARSC FTP) seperti Insect Mineral Oil,Bioethanol of Oil dan persembahan Himpunan Mahasiswa Teknolog Hasil Pertanian,Himpunan Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian,Himpunan Mahasiswa Keteknikan Pertanian. Tidak cukup sampai disana expo ini juga memaerkan produk teknologi lignoselulosa seperti Hybrisign (Acid Hydrolisis Based Resistive Heating),RESOPTION (RSM of Optimization Lignin Degradation),E-PADDY (Elaborasi Tanaman Padi) serta Microbial Fuel Cell (MFCs) Double Chamber and Dual Function. Selain itu ada pula aneka inovasi spektakuler seperti halal tracking berbasis sistem android, aneka teknologi hortikultura, nanoteknologi, pengabdian dan persembahan Food Production Training Centre (FPTC). (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian