Laboratorium Terpadu FTP UB

Laboratorium Terpadu FTP UB

Deskripsi

Laboratorium Terpadu Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya Malang, merupakan sarana layananan laboratorium untuk program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara terpadu.

Fungsi dan Peran

Menjadi laboratorium terpadu yang berstandar internasional dalam melayani pengujian, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk mendukung kegiatan riset Laboratorium Terpadu FTP UB yang unggul.

Laboratorium Terpadu FTP UB melayani Pengujian dan Analisis Sampel yang berasal dari Mahasiswa/Dosen/Peneliti dari dalam FTP UB dan dari luar FTP UB.

Peralatan dan Fasilitas

Peralatan :

  • UV-Vis

Instrumen analitik yang digunakan untuk mengukur daya absorbansi suatu cairan yang memiliki gugus kromofor terhadap panjang gelombang cahaya tertentu.

  • GCMS

Instrument ini digunakan untuk proses analisa senyawa kimia organik yang mudah menguap (volatile) melalui dua alat yang tergabung menjadi satu (GC tandem MSD). Sampel yang mengandung senyawa volatile diinjeksikan ke dalam sistem GC untuk kemudian dilakukan proses pemisahan di dalam kolom berdasarkan sifat kepolaran. Setelah terelusi dari sistem GC, maka masing-masing senyawa yang telah terpisahkan, akan masuk ke dalam sistem MS untuk kemudian difragmentasi dengan energi ionisasi tertentu.

  • HPLC

Instrumen ini digunakan untuk memisahkan molekul komponen yang dapat larut dalam larutan pembawa dan bersifat sensitif terhadap panas dalam suatu larutan, seperti vitamin, antibiotik, bahan aktif obat, bahan tambahan obat atau makanan dalam jumlah kecil, protein, berbagai jenis gula, komponen limbah, dan sebagainya.

  • Spray Dryer

Alat yang digunakan untuk menghasilkan bubuk kering dari cairan dengan cara mengeringkannya dengan cepat menggunakan gas panas. Spray dryer menggunakan aliran cairan, dalam operasi ini, ada pemisahan antara pelarut atau suspensi sebagai padatan dan pelarut menjadi uap.

Laboratorium Terpadu FTP UB sebagai laboratorium penelitian dan pelayanan mempunyai beberapa fasilitas untuk kegiatan tersebut, yaitu :

  • Ruang Laboratorium Penelitian
  • Laboratorium Pengujian/Analisis

 

Skip to content