Laboratorium Ilmu Sensori dan Pangan Terapan

Laboratorium Ilmu Sensori dan Pangan Terapan

Profil

Laboratorium sensori dan ilmu pangan terapan merupakan salah satu laboratorium yang ada di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya. Laboratorium ini adalah berdiri secara mandiri pada tahun 2016, karena sebelumnya merupakan bagian dari Laboratorium Teknik Pangan dan Hasil Pertanian. Perkembangan laboratorium ini adalah diimplementasikan untuk memenuhi kebutuhan pasar khususnya industri pangan dan tren perkembangan ilmu pangan terkini. Ilmu sensori bertransformasi secara progresif dengan peran dan apresiasi yang lebih aktif dari industri. Karena industri makanan berorientasi pasar dan didorong oleh kepuasan konsumen, ilmu makanan sensori dan terapan adalah pengubah permainan. Pengembangan laboratorium ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi dan kualitas akademik lulusan Ilmu Pangan dan Bioteknologi, khususnya yang berkaitan dengan kompetensi indra dan ilmu pangan terapan.

Visi

Menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terdepan di bidang indera dan ilmu pangan terapan dalam rangka mendukung industri pangan
dan produk pertanian di pasar global.

Misi

  1. Menghasilkan karya ilmiah di bidang indrawi dan ilmu pangan terapan yang bermanfaat bagi industri dan masyarakat
  2. Meningkatkan kualitas hasil penelitian di bidang sensori dan ilmu pangan terapan

Tujuan

  1. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ilmu pangan dan indra terapan yang meliputi aspek mutu pangan, perilaku konsumen, manajemen, pemasaran, psikologi, dan kuliner.
  2. Mengembangkan bidang ilmu saraf sensori dan gastronomi molekuler yang relevan dengan pengembangan produk pangan, produk pertanian, dan produk non pangan yang relevan.
  3. Mengembangkan fasilitas penelitian yang memadai untuk mencapai laboratorium berstandar internasional.
  4. Meningkatkan dan memperluas layanan analitis di bidang makanan sensori dan terapan

MOTTO

LAKUKAN YANG TERBAIK DAN JADILAH YANG TERBAIK

KARAKTER LAYANAN

  1. (Kami di sini untuk melayani Anda)
  2. (Kepuasan Anda adalah perhatian Kami)
  3. (Kami melayani Anda dengan hati Kami)

ETIKA PELAYANAN

  1. Diawali dengan senyuman, salam, sapa
  2. Tanda pengenal (KTP) harus dipakai.
  3. Bersikap sopan kepada pengguna jasa.
  4. Rendah hati dan ramah terhadap pengguna jasa.
  5. Dilarang memberikan pelayanan sambil merokok atau saat berkomunikasi dengan telepon seluler atau alat komunikasi lainnya.

STRUKTUR ORGANISASI

Kepala Laboratorium : Kiki Fibrianto, STP, M.Phil, Ph.D
Pembantu Ketua : Eka Shinta Wulandari, STP, MP
Magang Teknis: Igoy Bimo Aryo, S.Biotek
Anggota:
1. Wenny Bekti Sunarharum, STP, M.Food.St, Ph.D
2. Indria Purwantiningrum, STP, M.Si

FASILITAS

Laboratorium ini dikembangkan mengikuti ISO 8589:2007 (en) dengan menyediakan fasilitas yang relevan seperti ruang diskusi, ruang ujian utama, dapur dan mendukung ruang komputer untuk analisis data. Tekanan positif dan AC sepenuhnya dipertahankan di ruang uji utama di mana 12 bilik sensor berada dan dipasang dengan baik dengan 3 pencahayaan warna berbeda untuk menutupi tampilan visual sampel makanan. Dapur juga dilengkapi dengan peralatan dapur dasar, mesin kopi, serta peralatan manual brew kopi dan teh. Jas lab khusus untuk bekerja di dalam Laboratorium sensori dan ilmu pangan terapan adalah secara teratur dikirim untuk binatu untuk menyediakan jas lab bersih bagi pengguna. Alat pelindung diri dasar seperti sarung tangan dan hairnet juga disediakan untuk semua pengguna.

Informasi lebih lanjut klik di sini