FLURAL, Sarana Penetralisasi Zat Pencemar Udara dalam Ruang Pabrik

Mahasiswa FTP Ciptakan Alat Pengolah Limbah Batik Bhre Tumapel
Mei 27, 2015
Mahasiswa FTP Sulap Limbah Botol Plastik jadi Tirai Pengusir Nyamuk
Mei 29, 2015

FLURAL, Sarana Penetralisasi Zat Pencemar Udara dalam Ruang Pabrik

fluralBerkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) menyebabkan berkembang pesatnya pembangunan terutama di sektor industri. Perkembangan ini selain membawa dampak positif juga membawa dampak negatif bagi masyarakat, yaitu timbulnya pencemaran baik air, tanah maupun pencemaran udara. salah satu pencemaran yang terjadi yaitu pencemaran udara dengan terbentuknya gas emisi seperti NOx, SOx, Ox, HC serta partikulat lainnya yang berasal dari mesin-mesin industri. Bahaya yang ditimbulkan sebenarnya bukan hanya bahaya di udara luar, melainkan juga dapat membahayakan kondisi pekerja di industri itu sendiri apabila kondisi udara tidak diperhatikan dengan baik. Mesin-mesin industri terutama yang masih tradisional dan menggunakan bahan bakar fosil dapat menghasilkan gas-gas maupun partikulat yang dapat membahayakan kesehatan pekerja. Ditambah lagi dengan bangunan yang tertutup dan kurangnya sirkulasi. Untuk memenuhi kebutuhan udara para pekerjanya, pabrik-pabrik memasang fan agar udara tetap tersuplai dengan baik. Tetapi udara yang disuplai hanya terakumulasi dan bercampur dengan gas-gas emisi yang dihasilkan mesin pabrik tersebut. Udara tersebut seharusnya diolah terlebih dahulu agar bebas dari zat yang berbahaya. Hal tersebut yang mendorong mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya, Zaroh Rodhiani (TEP 2012), Himayati Salamah (TEP 2012) dan Donas Dito Nugroho (TEP 2013) dibawah bimbingan Fajri Anugroho,STP,M.Agr,Ph.D untuk mengembangkan alat yang dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut melalui Program Kreatifitas Mahasiswa bidang Karsa Cipta (PKM-KC). FLURAL (Filter Udara dari Arang Aktif Lidah Mertua) merupakan sebuah alat hasil pengembangan dari fan atau centrifugal fan yang biasa digunakan di pabrik-pabrik dengan ditambahkan sistem pengolahan udara menggunakan bioadsorben berupa arang aktif dari lidah mertua (Sansiviera Trisfasciata).

Sistem ini berupa gabungan antara fan centrifugal dan saluran perpipaan yang akan menghubungkan atau menyalurkan udara dari luar atau ruangan ke dalam sistem adsorbsi menggunakan arang aktif lidah mertua. Arang aktif sebagai adsorben berfungsi untuk menyerap partikel maupun zat yang ada di udara tersebut. Arang aktif diletakkan di suatu sistem yang menjadi tempat atau sarana pengolahan. Udara akan masuk atau terpompa oleh centrifugal fan dan selanjutnya akan disalurkan ke dalam saluran perpipaan. Dari saluran perpipaan ini, udara selanjutnya dialirkan ke dalam kapsul arang aktif atau media arang aktif. Dari kapsul arang aktif ini udara akan diadsorbsi oleh arang aktif yang jumlahnya dapat diatur sesuai kebutuhan. Setelah teradsorbsi, udara akan disalurkan kembali oleh pipa saluran menuju ke lubang output.

Luaran yang diharapkan dari program ini adalah terciptanya sebuah alat yang dapat menetralkan atau mengolah atau mengendalikan polutan udara dalam sebuah pabrik agar dapat menjaga kesehatan pekerja pabrik, serta pengembangan selanjutnya agar dapat bermanfaat untuk masyarakat luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian