FTP Berjaya di OSN Project Sains Pertamina Level ASEAN

Mahasiswa TEP Juarai Lomba Karya Tulis Ilmiah Alquran di Semarang
November 26, 2015
FTP Jawara Tenis Lapangan HUT Korpri ke-44
November 27, 2015

FTP Berjaya di OSN Project Sains Pertamina Level ASEAN

12249940_10208425558902600_5514014831903306268_nKembali mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) harumkan almamater di kancah internasional.  Pada final Proyek Sains yang berlangsung Sabtu – Kamis (21 – 26/11/2015) di Universitas Indonesia Jakarta, UB berhasil meloloskan dua tim yang semuanya berasal dari FTP. Keduanya adalah Ahmad Diyanal Arifin (TEP 2012) dan Nada Mawarda Rilek (TIP 2013).

Tak hanya berhasil lolos sampai ke final tingkat ASEAN, Ahmad Diyanal bersama kedua anggota tim lainnya bahkan berhasil membawa uang tunai senilai tiga puluh juta rupiah sebagai juara kedua. Pada gelaran final tersebut Nada Mawarda dan kawan kawan juga berhasil meraih predikat Honorable Mention Award dan membawa pulang uang tunai senilai lima juta rupiah.

Olimpiade Sains Pertamina (OSN) Project Sains Pertamina adalah kompetisi karya cipta tim beranggotakan tiga mahasiswa dari satu perguruan tinggi. OSN-Pertamina 2015 telah ditingkatkan level kompetinsinya ketingkat regional ASEAN karena melibatkan para mahasiswa dari PTN/PTS di seluruh Indonesia dan Perguruan Tinggi terbaik di negara-negara Asia Tenggara. Tahapan seleksi yang harus dilalui peserta OSN Pertamina berhadiah total 3.3 milyar rupiah  untuk bisa melaju ke babak final adalah seleksi poster dan presentasi proyek sains serentak di 42 Perguruan Tinggi Mitra pada 15 Oktober 2015. Dari hasil presentasi dan penilaian juri wilayah, terpilih 30 tim dengan nilai terbaik hingga kemudian dikerucutkan lagi ke 15 besar melalui tahapan wawancara juri. Kelima belas inilah yang kemudian mempresentasikan prototype karya inovasinya di babak final. Sejalan dengan upaya pemerintah dalam mewujudkan bauran energi pada 2025, dimana penggunaan energi baru terbarukan mencapai 25 persen, tema yang diangkat pada OSN Pertamina Proyek Sains ini adalah ‘Energi Baru dan Terbarukan.’ Karya yang dilombakan dapat berupa  inovasi terkait Aplikasi Perangkat Lunak (APL), Rancang Bangun (RB) dan Produk Unggulan (PU).

Menanggapi prestasi tersebut Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan FTP, Dr.Ir. Yusuf Hendrawan, M.App.Sc.Life. Ph.D menyatakan mengapresiasi dan sangat bangga. “Sebagai wadek III saya sangat bangga pada prestasi adik adik mahasiswa. Sebelumnya pada PIMNAS 28 yang baru berakhir kemarin, FTP berhasil meraih 5 emas dari total raihan 10 emas UB. Sekarang juga FTP berhasil meloloskan 4 tim ke semifinal dari 5 kontingen UB ke OSN Pertamina Proyek Sains level ASEAN ini. Padahal tidak banyak universitas yang berhasil meloloskan timnya ke ajang bergengsi ini. Mungkin hanya UI yang juga sama sama berhasil meloloskan lima timnya ke final di tingkat ASEAN. Ternyata UB berhasil meloloskan dua tim ke final  dan semuanya dari FTP. Apalagi adik adik ini berhasil pulang dengan membawa prestasi. Selamat kepada para mahasiswa-mahasiswa hebat, cerdas, inovatif, kreatif, pekerja keras. Pengharum nama FTP-UB di level ASEAN. Walaupun masih pengalaman pertama ikut OSN Pertamina. Dua kelompok FTP maju di OSN Pertamina dan semuanya juara. Semoga bisa ditiru oleh adik adik kelasnya. We (FTP-UB) are creating CHAMPIONS,” papar Dr Yusuf. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian