FTP Dominasi Kontingen PKM UB Lolos Pimnas 2016

Kajian Rutin Dharma Wanita Persatuan FTP
Juli 22, 2016
Daftar Absensi Semester Pendek 2016
Juli 28, 2016

FTP Dominasi Kontingen PKM UB Lolos Pimnas 2016

PKM_YHDDari 62 proposal Program Kreativitas Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (PKM FTP) yang lolos didanai DIKTI, akhirnya tercatat sejumlah sepuluh tim dinyatakan lolos Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) XXIX yang akan diselenggarakan 7-12 Agustus 2016 di Institut Pertanian Bogor, Jawa Barat. Berita bahagia ini bersumber dari situs resmi Dikti di alamat http://simlitabmas.dikti.go.id/ Kesepuluh tim ini merupakan perwakilan fakultas terbanyak se Universitas Brawijaya. Pada PIMNAS XXIX kali ini total kontingen UB sebanyak 27 dengan rincian PKM FTP (10) , Fakultas Peternakan (4) , Fakultas Kedokteran (3) , Fakultas Pertanian (2) , Fakultas Perikanan (2) , Fakultas Ilmu Bahasa (2) serta masing masing satu tim untuk Fakultas Teknik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Kedokteran Hewan serta Fakultas Ilmu Admistrasi .

Untuk tahun anggaran 2016, di FTP tercatat lima PKM-KC, tiga PKM-P, satu PKM-M dan satu PKM-K dinyatakan lolos PIMNAS XVIII. Lima PKM Karya Cipta (PKM-KC) yang berhasil lolos tersebut adalah G-WARS (Grey Water Recycle System) ; Rancang Bangun Teknologi Daur Ulang Limbah Domestik sebagai Solusi Penyediaan Air Bersih yang Berkelanjutan karya M. Reza Firmansyah (TEP 2012) bimbingan Angga Dheta Shirajuddin, S.Si. M.S.i., SAFARI OS-002 (Smart Farm Technology) Alat Penyerap Amoniak (NH3) dan Hidrogen Sulfida (H2S) pada Kandang Ayam dalam Mewujudkan Eco Green Technology karya Ashva Avkarina (TIP 2013) bimbingan Shinta Rosalia Dewi, S.Si. M.Sc., RaPDe (Rapid Pesticide Detector) ; Inovasi Detektor Pestisida pada Sayuran yang Cepat, Praktis dan Eco-Friendly karya Ratyawisnu Fahmiaji Winarto (THP 2012) bimbingan Sudarma Dita W, STP. M.Sc. MP., TOTAL FLEX (Automatic Auto Food Color Extractor) ; Rancang Bangun Mesin Ekstraksi Perwarna Alami Berbasis Electroconductive Heating sebagai Upaya Mewujudkan Gerakan Keamanan Pangan Nasional karya Bima Adinugraha (TEP 2013) bimbingan Yusron Sugirato, STP. MP. M.Sc. dan F-Ray (Fruit Spoilage Delay) Inovasi Alat Preservasi Berbasis Automatic ECO-CUMCO (Edible Coating and Vacuum Cooling) sebagai Upaya Memperpanjang Umur Simpan Buah Segar Guna Meningkatkan Kualitas Buah Lokal karya Fadli Yudha Bhakti (THP 2014) bimbingan Yusuf Hendrawan, STP, M.App.Life.Sc. Ph.D.

Sementara itu ketiga proposal Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian (PKM-P) yang berhasil lolos PIMNAS XXIX kali ini adalah MCK Waste Goes To Eco Green – Inovasi Pengolahan Limbah Mandi Cuci Kakus Skala Rumah Tangga Mandiri berbasis Biofilm Mikroalga sebagai Wujud Eco Green karya Ditasya Kinanti Putri (TEP 2013) bimbingan Angga Dheta Shirajuddin, S.Si. M.S.i., Eksplorasi Mikroalga Nannochloropsis sp. dalam Produksi Super Food berupa Single Cell Protein sebagai Ide Solutif Sumber Pangan Fungsional dalam Mengatasi Gizi Buruk dan Kerawanan Pangan di Indonesia dengan Memanfaatkan Limbah Cair Tahu karya Ahfad Ulhidayati (THP 2012) bimbingan Agsutin Krisna Wardani, STP. M.Si. Ph.D. dan SILAMBU (Silikon dari Abu Ampas Tebu) sebagai Alternatif Energi Terbarukan pada Pembuatan Solar Cell karya Dina Kamila (TEP 2013) bimbingan Dr. Ir. A. Tunggul Sutan Haji, MT.

Karya lain yang juga memastikan diri melaju ke PIMNAS XXIX di IPB Bogor ini adalah OC-CYCLE DEVIL (Octane Cycle Concept of Independent Village) ; Pengambangan Desa Mandiri Pangan dan Energi Berbasis Zero Waste di Desa Argosari sebagai Upaya Mendukung Gerakan Pembangunan Desa Semesta Nasional karya Musyaroh (TIP 2013) bimbingan Dewi Maya Maharani, STP. M.Sc. pada bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M) dan OLIF (Organic Salted Fish) ; Inovasi Produk Ikan Asin Sehat dan Aman dengan Kemasan Edukasi Pangan sebagai Upaya Menciptakan Produk Unggul yang Mampu Bersaing di AEC 2016 karya Ali Wafa (THP 2012) bimbingan Endrika Widyastuti, S.Pt. M.Sc. MP. dalam bidang Kewirausahaan (PKM-K).

Dalam sambutannya ketika memberi pembekalan, Wakil Dekan III FTP bidang Kemahasiswaan , Yusuf Hendrawan, STP, M.App.Life.Sc. Ph.D. menjelaskan ,”Saya ucapkan selamat kepada para punggawa mahasiswa FTP yang telah berhasil lolos ke PIMNAS 29 di IPB Bogor. Sekali lagi kontingen FTP tahun ini mendominasi Universitas Brawijaya. Mohon doa dan dukungannya supaya di PIMNAS nanti adik adik kontingen FTP bisa berjaya juara seperti tahun lalu, membawa medali terbanyak se-Indonesia.  Untuk mahasiswa FTP yang belum berkesempatan maju ke PIMNAS, kakak kakak kelas kalian telah membuktikan kesempatan tidak hanya di kancah nasional saja, tapi mereka bisa lebih berprestasi di kancah internasional. Tetap berpikir optimis, tetap berusaha prestasi, fokus juara di internasional.  Selama jantung masih berdetak, nadi masih berdenyut, darah masih mengalir, artinya Tuhan tidak mengijinkan kita untuk menyerah. Semangat! Satu komando FTP juara,” pesannya.

Pada PIMNAS XXIX yang akan berlangsung di Institut Pertanian Bogor, Jawa Barat 7-12 Agustus 2016 mendatang, Universitas Brawijaya berada di posisi kedua institusi dengan kontingan terbanyak dengan 27 tim. Posisi pertama pengirim kontingen terbanyak adalah Universitas Gadjah Mada dengan 29 tim. Berada di posisi ketiga adalah Universitas Malang dengan 23 tim. Insitusi lain yang juga termasuk dalam lima besar adalah Universitas Diponegoro dengan 22 tim dan tuan rumah, Institut Pertanian Bogor dengan 21 tim. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian