FTP Dominasi PKM UB Lolos PIMNAS 2020

Penyuluhan Gizi pada Kaum Lansia sebagai Upaya Cegah Diabetes
Oktober 28, 2020
Bidang Ilmu Life Sciences Universitas Brawijaya Masuk Ranking THE by Subject 2021
November 4, 2020

FTP Dominasi PKM UB Lolos PIMNAS 2020

Dari keempat puluh dua proposal Program Kreativitas Mahasiswa Universitas Brawijaya yang dinyatakan lolos hingga ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-33 tahun 2020,pada 20 hingga 28 November 2020 mendatang, tercatat sejumlah delapan tim diantaranya merupakan perwakilan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP). Hal ini membuktikan FTP tetap mempertahankan tradisi sebagai fakultas yang banyak meloloskan timnya ke PIMNAS di Universitas Brawijaya. Bersumber dari situs resmi Dikti, total proposal Universitas Brawijaya yang berhasil lolos PIMNAS 2020 sebanyak 42 dengan rincian FTP (8), FPIK (8), FT (7), FEB (5), FP (5), FAPET (3), FK (3), FKH (1),  FIB (1) dan FMIPA (1).

Untuk tahun 2020, FTP berhasil meloloskan dua proposal Program Kreativitas Mahasiswa bidang Karya Cipta (PKM-KC) yaitu  “Teknologi Pemurnian Madu High Grade berbasis Electroosmosis Dewatering guna Meningkatkan Kualitas Hasil Peternak Lebah Lokal” karya Ryan Fauzi dibawah bimbingan Joko Prasetyo, STP, M.Si  dan “Rancang Bangun Alat Penyaring Gas Pyridine dan Nikotin pada Fermentasi Tembakau Berbasis Membran” karya Dimas Maulana Yusuf bimbingan Angky Wahyu Putranto, STP, MP.

Tak hanya PKM-KC, FTP juga berhasil meloloskan dua proposal di bidang Penelitian Eksakta (PKM-PE), yaitu “Sintesis Green Membrane Berbasis Metil Laktat Untuk Pemanenan Mikroalga dengan Forward Osmosis” karya Savira Rachma Paramita yang dibimbing Luhur Akbar Devianto, ST.,MT dan “Nanoimobilisasi Enzim Cutinase dari Fusarium solani sebagai Degradator Sampah Plastik Polyethylene Terephthalate” karya Isbakhul Lailatil Fibriyah dibawah bimbingan Ahmad Zaki Mubarok, STP., M.Si., Ph.D.

Selain itu FTP juga berhasil meloloskan masing masing satu proposal di bidang Kewirausahaan (PKM-K) ; bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M) ; bidang Gagasan Tertulis (PKM-GT) dan bidang Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK). Keempat judul PKM tersebut adalah “Inovasi Makanan Pendamping Balita Berbasis Fermentasi Putih Telur Ayam Guna Mendukung Pencegahan Stunting” karya Desy Putri Utami bimbingan Riska Septifani, STP, MP. (PKM-K); “Pemanfaatan Limbah Kulit Apel sebagai Beras Analog Guna Meningkatkan Ekonomi dan Kualitas Lingkungan dengan Memberdayakan Ibu PKK Desa Tulungrejo, Batu” karya Moch Mukasyafatul Asror  bimbingan Joko Prasetyo, STP, M.Si., (PKM-M); “Konsep Dekontaminasi Udara Di Kota Besar Berbasis CCS (Carbon Capture Storage) Guna Mendukung Climate Action Pada SDGs 2030” karya Muhammad Usman Sihab bimbingan Aulia Nur Mustaqiman STP, M. Sc. (PKM-GT) serta “Sistem Deteksi Titik Api dan Asap Berbasis Internet Digital sebagai Bentuk Penanganan Perubahan Iklim untuk Mengantisipasi Kebakaran Lahan Gambut Indonesia” karya Zaki Muhammad Husyemi Rafsanjani dibawah bimbingan Angky Wahyu Putranto, STP,MP.  (PKM-GFK).

Menanggapi hal tersebut, Yusuf Hendrawan, STP.M.App.Life.Sc.Ph.D., Wakil Dekan III FTP bidang Kemahasiswaan mengungkapkan apresiasinya,”Alhamdulillah selamat untuk adik adik yang berhasil lolos PIMNAS. Alhamdulillah meski ditengah pandemi, tetapi sekali lagi para pejuang PKM FTP tahun ini tetap pertahankan tradisi sebagai salah satu pendominasi PKM lolos PIMNAS Universitas Brawijaya. Terima kasih untuk kerja keras adik adik dan juga untuk bapak ibu dosen pembimbing, KMA FTP UB, ARSC, dan para reviewer internal FTP UB. Mohon doa dan dukungan dari semua pihak supaya di PIMNAS nanti adik adik kontingen FTP tetap bisa berjaya, mengharumkan almamater. Semoga ini juga sekaligus dapat menjadi motivasi dan semangat bagi semuanya, pandemi bukanlah halangan untuk berkarya, berintegritas dan berprestasi. Selama jantung masih berdetak, nadi masih berdenyut, darah masih mengalir, artinya Tuhan tidak mengijinkan kita untuk menyerah. Semangat! Satu komando FTP juara. Barokallahu,” pungkasnya. (dse) 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian