FTP Gelar Kuliah Tamu Water Treatment Technologies Jepang

Dosen FTP Presentasi di Konfrensi Nutrisi Internasional Singapura
September 18, 2012
Pemberitahuan Pemadaman PLN 21 September 2012
September 20, 2012

FTP Gelar Kuliah Tamu Water Treatment Technologies Jepang

Prof. Tsuyoshi Imai dari Universitas Yamaguchi, Jepang,  memberikan kuliah tamu menegnai Teknologi Pengolahan Limbah dan Sumber Daya Air  kepada ratusan mahasiswa Jurusan Keteknikan Pertanian (TEP) Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB), Selasa (18/9) siang, di Aula Gedung Ekonomi.

Hampir 2 jam profesor dari Division of Enviromental Siecence and Engineering Graduate School of  Yamaguchi University ini memaparkan materi berjudul Introduction the Lastest Treatment Tecnologies on a Sewage Treatment Plant in Japan. Prof. Imai menjelaskan secara menarik mengenai teknologi pengolahan air yang berkisar mengenai Water Pollution Problems in Lake Biwa, Wastewater Treatment in Japan, Konan Chubu Wastewater.

Dipaparkan dosen yang kerap disapa Imai ini, permasalahan penanggulangan pencemaran air dan pengolahan sumber daya air merupakan hal yang sangat penting bagi Jepang. Mengingat sebagai besar area geografis negara matahari terbit ini merupakan perairan. Dikatakan, anggota Japan Sosiety of Waste Management Experts ini, beberapa permasalahan pencemaran air di Jepang antara lain laju eutrofikasi yang sangat cepat, masalah penyediaan air bersih dan kemunduran landscape serta penurunan volume tangkapan ikan sebagai salah satu komoditas utama Jepang.

Sedangkan langkah pengendalian yang telah dilakukan Jepang, antara lain, N&P Loading Control dengan pengolahan limbah rumah tangga dari pemukiman (tinja, red), menerapkan kebijakan pengolahan limbah dan konservasi sumber daya air yang ketat di sektor industri, penggunaan pupuk yang tepat dan daur ulang penggunaan air di sektor pertanian.

“Also recomend enhancement of natural purifacation capacities with on site treatment facilities, restoration of reed communities, proper management of forest” ujar Imai.

Doctor of Engineering Enviromental Planning ini juga memaparkan mengenai proses pengolahan limbah yang canggih mengenai proses recoveri sumber daya air di Jepang. Pengolahan limbah mengunakan Primary Sedimentation tank, Biological Reaction Tank, metode sirkulasi dan pengolahan lumpur tinja serta (sludge treatment), pembakaran dan peleburan limbah juga proses penjernihan air dengan metode karbonisasi.

Sebelumnya, kuliah tamu internasional ini dibuka secara langsung Pembantu Dekan II FTP, Dr. Ir. Sudarminto Setyo Yuwono, M. App. Sc. Dalam sambutannya,  Sudarminto, menjelaskan, kegiatan kuliah tamu internasional acapkali digelar FTP. Dengan menghadirkan narasumber  yang berkompeten di bidangnya dari berbagai negara antara lain  Taiwan,  Australia,  Amerika, Jerman dan Jepang. Sedangkan dari Universitas Yamaguchi sendiri telah berlangsung sebanyak tiga kali.

Diungkapkan Sudarminto, tujuan kegitan kuliah tamu internasional tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas referensi mahasiswa mengenai ilmu bidang Keteknologian Pertanian dan perkembangannya. Serta mengingat jumlah mahasiswa FTP tidak berbanding lurus dengan jumlah pengajar sehingga perlu dilakukan upaya menipiskan gap tersebut dengan menggelar kuliah tamu. disamping sebagai persiapan FTP dalam Go Internasional.

Turut menghadiri, Pembantu Rektor I, Prof. Dr. Ir. Bambang Suharto, MS yang memberikan cinderamata dari UB. Sementara, Ketua Jurusan TEP, Dr. Ir. Ruslan Wirosoedarmo, MS juga hadir dan mewakili pimpinan FTP memberikan cinderamata dari FTP. tampak hadir pula jajaran Ketua Laboratorium di lingkungan TEP dan Ketua Program Studi. [elr]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian