FTP Genjot Lulusan Tepat Waktu

Mahasiswa Berprestasi (Mapres) Bisa Bebas Skripsi
September 9, 2011
Beasiswa LARISSA Peduli Pendidikan 2011
September 11, 2011

FTP Genjot Lulusan Tepat Waktu

Pimpinan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) mempunyai komitmen untuk meningkatkan jumlah lulusan dengan masa studi tepat waktu selama empat tahun karenanya akan dilakukan upaya-upaya untuk mencapainya . Salah satu langkah yang akan dilakukan adalah memperluas pemilihan topik penelitian mahasiswa, penyederhanaan prosedur dan waktu pengerjaan skripsi.

“Perlu dilakukan perluasan topik reseach dan peninjauan mengenai waktu pengerjaan skripsi bila perlu dilakukan standarisasi,” ungkap Pembantu Dekan I Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB), Dr. Ir. Bambang Dwi Argo, DEA dalam rapat dosen lengkap FTP, Jumat (9/9) pagi.

Menurutnya, penyusunan tugas akhir mahasiswa program studi sarjana tidak perlu memakan waktu panjang bahkan sampai melebihi dua belas bulan. Mengingat tujuan dasar penyusunan skripsi adalah melatih mahasiswa untuk mengenali masalah, menggali data untuk dianalisa dan kemudian ditarik kesimpulan sesuai dengan bidang keilmuan yang telah dipelajari.

Dicontohkannya, pada Universitas Gajahmada (UGM) mahasiswa berproses maximal 6 bulan dan selebihnya harus ujian meskipun data belum lengkap. Selanjutnya di Institut Teknologi Surabaya (ITS) laporan penelitian (skripsi.red) dapat dilakukan bersama 2-4 orang yang mempunyai topik yang sama.Sedangkan pada Fakultas Kedokteran UB, pemenang lomba karya ilmiah tingkat nasional maupun internasional dibebaskan menyusun skripsi dan karya ilmiah tersebut dianggap sebagai skripsi.

“Karena itu FTP juga mempunyai program penyetaraan beban Skripsi terhadap karya ilmiah mahasiswa yang monomental untuk mendukung pencapain peningkatan lulusan tepat waktu . Ketentuan hasil kegiataan mahasiswa yang dapat dianggap menyamai nilai setara dengan skripsi sudah dibahas. Dan harus lolos uji  kelayakannya oleh tim penilai di Fakultas,untuk itu dimohon kerjasama  seluruh dosen dalam membimbing mahasiswa,”  jelas dosen yang mengambil program doktoral di Perancis ini mensosialisasikan SK Dekan tentang penyetaraan skripsi.

Dikatakannya lebih lanjut, adapun topik-topik bahan skripsi antara lain hasil penelitian mandiri, perancangan software dan hardware, hasil kegitaan lomba karya ilmiah baik yang bersifat nasional ataupun internasional, kegiatan penggalian gagasan ilmiah maupun kegiatan magang di industri, lembaga pengembangan atau penelitian di lembaga pemerintahan dan non pemerintahan. Selain itu, imbuhnya, Kegiatan penerapan teknologi, kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan bersama dosen, serta kegiatan kewirausahaan.

Kemudian,  diungkapkanya lagi, evaluasi studi mahasiswa akan dilakukan pada awal tahun ajaran dan menjadi konsentrasi utama agar mahasiswa yang bermasalah atau diambang batas akhir masa studi  dapat terlacak lebih awal sehingga dapat dilakukan penanganan efektif. Mengingat pada tahun – tahun sebelumnya evaluasi studi dilakukan pada akhir tahun ajaran sehingga mengakibatkan mahasiswa ambang batas studi yang perlusegera  tindakan penanganan tidak terdeteksi dan mengakibatkan meningkatnya angka DO.

Semua upaya tersebut diatas merupakan hasil  benchmarking ke Universitas di  Luar Negeri dan beberapa institusi pendidikan tinggi nasional seperti Intitut Pertanian Bogor, Universitas Gajah Mada, Universitas Indonesia juga  melihat perbandingan prosentase jumlah lulusan di fakultas lingkungan UB dengan FTP yang jauh lebih kecil. Diharapkan upaya -upaya tersebut dapat mendongkrak prosentase jumlah lulusan yang tepat waktu. (elr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian