FTP Sambut 778 Maba dengan Pangan Lokal

Lokakarya Kurikulum Lulusan FTP Menyongsong Pasar Global
September 2, 2015
Sosialisasi PKM DIKTI 2015/2016
September 8, 2015

FTP Sambut 778 Maba dengan Pangan Lokal

Sejumlah 778 mahasiswa baru jenjang sarjana angkatan 2015 Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya disambut dengan propaganda pangan lokal pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus (PK2) FTP, Rabu (02/09/2015) di Samantha Krida UB.

“Sebagai institusi di bidang pangan dan pertanian, sudah seharusnya kita concern pada masalah ini. Saat ini angka impor Indonesia semakin meninggi padahal banyak komoditas lokal yang mempunyai kandungan gizi tinggi hingga layak mensubstitusi bahan pangan yang ada selama ini. Terlebih saat ini ada kecendurangan menurunnya rasa cinta masyarakat pada produk pangan lokal. Karenanya kami bermaksud mengangkat kembali kacang kacangan, ketela,  singkong dan kelapa sebagai salah satu komoditas lokal yang kaya gizi namun mulai terlupakan,” jelas Yusuf Hendrawan, STP. M.App.Sc. Life. Ph.D, Wakil Dekan III FTP bidang Kemahasiswaan.

Sebagai propaganda awal, panitia telah mempersiapkan makan siang bihun berbahan singkong yang mempunyai kandungan kalori dua kali lipat lebih tinggi daripada kentang. Singkong juga dipilih sebagai bahan baku karena mempunyai khasiat yang lebih baik dari nasi sebagai antikanker,antitumor dan meningkatkan nafsu makan. Selain itu, singkong jauh lebih baik dikonsumsi oleh penderita diabetes daripada nasi putih. Terlebih singkong juga bebas gluten, kaya serat dan nol kolesterol. Adapun kelapa digunakan sebagai pelepas dahaga menggantikan air mineral yang selama ini umum digunakan. Panitia telah menyediakan produk turunan kelapa berbentuk nata de coco untuk seluruh maba. Air kelapa kaya akan potasium (kalium), mineral dan vitamin lain. Itu sebabnya mengapa air kelapa dapat digunakan sebagai pengganti air mineral yang selama ini umum dikonsumsi. Sebagai menu pendamping, panitia juga telah mempersiapkan aneka kudapan berbahan ketela rambat / ubi jalar yang mengandung  vitamin A, C dan E, beta karoten, magnesium, kalium dan kaya oksidan, serta kacang kacangan nan kaya dengan lemak, mengandungi protein tinggi, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks dan Fosforus, vitamin A dan K, lesitin, kolin dan kalsium.  Kacang dan ketela juga mempunyai khasiat untuk menambah ketahanan tubuh sehingga sangat tepat digunakan dalam kegiatan PK2 yang sangat padat aktivitas.

“Tidak hanya pengenalan melalui konsumsi, tugas terstruktur para maba dalam mereview jurnal dan membuat essai juga kami angkat tema pangan lokal. Diharapkan jika sejak awal maba sudah dikenalkan dengan pangan lokal, maka kedepan arah penelitian mereka juga akan mengangkat komoditas tersebut. Entah dalam skripsi, PKM, ataupun penelitian dan tugas lainnya. Jadi masyarakat makin teredukasi dengan komoditas lokal,” tambah Wadek III FTP.

Dalam kesempatan terpisah, Dekan FTP, Dr.Ir. Sudarminto Setyo Yuwono, M.App. Sc. ketika membuka acara menyambut seluruh maba dengan pesan, “Jadilah rajawali yang siap terbang lepas landas empat tahun mendatang. Jaga amanah orang tua. FTP merupakan fakultas teknologi fleksibel karena banyaknya kegiatan positif yang membangun, ikuti semuanya sebisanya. Selamat karena anda semua menjadi bagian dari fakultas terbaik di UB. Selain telah terakreditasi A BAN-PT, di FTP juga terdapat dua program studi yang terakreditasi internasional IFT Amerika Serikat dan AUN-QA di level ASEAN. Jadi manfaatkan sebaik mungkin. Serap semua ilmu dan pengalaman positif.  Jadilah mahasiswa yang selalu membawa kebaikan dan kemajuan bagi masyarakat.” (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian