FTP UB Dominasi Final OSN 2016 Se-Indonesia

PS S2 Teknologi Industri Pertanian Raih Akreditasi A
Oktober 26, 2016
Pengumuman Pengambilan Transkrip Periode VIII, IX, X TA 2015/2016
November 7, 2016

FTP UB Dominasi Final OSN 2016 Se-Indonesia

14692022_10207567764460422_7758613397643768221_oDari empat puluh lima finalis Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2016 kategori Proyek Sains, Universitas Brawijaya berhasil meloloskan ketujuh tim yang kesemuanya berasal dari Fakultas Teknologi Pertanian. Berdasarkan hasil teleconference dan seleksi selanjutnya terpilih delapan belas tim untuk melaju ke babak grand final kategori Proyek Sains OSN Pertamina se Indonesia yang akan diselenggarakan di Universitas Indonesia, 19-24 November 2016 mendatang. Bersumber dari situs resmi OSN Pertamina, tercatat tim dari UB adalah yang terbanyak berhasil meloloskan delegasinya dengan empat tim. Berada di posisi kedua dan ketiga terbanyak adalah Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) dengan tiga tim dan Universitas Indonesia (UI) dengan dua tim. Institusi lain yang juga berhasil meloloskan masing masing satu timnya ke babak grand final kategori Proyek Sains OSN Pertamina 2016 adalah ITB, UNILA, UNDIP, UTS, UNS, UNTAD, SU, UII dan UGM. Dengan dominasi tersebut membuktikan kualitas FTP UB sebagai institusi pendidikan  papan atas se Indonesia pencetak mahasiswa berprestasi.

Keempat karya mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya yang dinyatakan lolos ke babak grand final tersebut adalah LE-RENT, GEDANG, We-LOOC dan MILLATE.  LE-RENT (Electricity from Rice Plant) “Aplikasi Pengembangan Green Energy Generator Berbasis Tanaman Padi (Oryza sativa L.) yang Sustainable dan Non-Competitive with Food Production” karya Dheniz Fajar Akbar bimbingan Angky Wahyu Putranto STP, MP. merupakan sebuah karya fenomenal menggunakan padi untuk mengatasi kebutuhan energi listrik di daerah daerah tertinggal.  Sementara GEDANG (Generator Listrik dari Kulit Pisang) Alternatif Sumber Energi Listrik Biomassa untuk Massa Depan karya Muhammad Errel Prasetyo Wibowo bimbingan Angga Dheta Shirajjudin Aji S.Si. M.Si. merupakan solusi cerdas menyulap limbah kulit pisang sebagai alternatif sumber energi untuk mengatasi kebutuhan listrik.  Adapun We-LOOK dan MILLATE juga merupakan karya bimbingan Angga Dheta Shirajjudin Aji S.Si. M.Si., pakar energi dan lingkungan dari jurusan Keteknikan Pertanian – Fakultas Teknologi Pertanian.  We-LOOC (Waste Of Sugar Cane Leaves Organic solar cell) adalah integrasi solar cell dari daun tebu dan bahan alami berbasis sun rotation sebagai energi terbarukan dan berkelanjutan karya Annisa Aurora Kartika. Sementara MILLATE (Microbial Fuel Cells in Leachate Water Treatment) adalah aplikasi sistem microbial fuel cells pada instalasi pengolahan air lindi sebagai upaya pengendalian dampak pencemaran dan memperoleh sumber energi listrik karya Sadiyyatul Azizah.

Pada kesempatan terpisah, Wakil Dekan III FTP bidang Kemahasiswaan, Yusuf Hendrawan, STP. M.App. Life Sc. Ph.D., menanggapi,” Alhamdulillah tidak menyangka FTP UB berhasil meloloskan tim terbanyak se Indonesia pada ajang ilmiah ini. Artinya prestasi mahasiswa FTP masih bertengger diatas universitas universitas besar nasional. Terus semangat untuk adik adik mahasiswa, semoga bisa menjadi juara OSN Pertamina 2016,” pesannya. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian