FTP UB Jalin Kerjasama dengan DISKOPINDAG Malang

Penerimaan Mahasiswa SAP Semester Genap 2020/2021
Desember 4, 2020
Pengumuman Hasil Seleksi Kelas Bahasa Inggris
Desember 23, 2020

FTP UB Jalin Kerjasama dengan DISKOPINDAG Malang

Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB) menjalin kesepakatan bersama Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Malang. Hal itu dibuktikan dengan penandatanganan MoU secara daring, Kamis (10/12/2020) oleh Dekan FTP UB, Prof. Dr. Ir. Imam Santoso,MP., dan Kepala DISKOPINDAG Kota Malang, Drs. Wahyu Setianto,MM, dengan disaksikan Wakil Rektor IV Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya , Bambang Pramujati, ST., MSc.Eng., Ph.D. dan Wakil Walikota Malang,  Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko beserta para jajarannya.

Dalam sambutannya Dekan FTP, Prof Imam Santoso menjelaskan bahwa kerjasama ini sangat mendukung program kampus merdeka yang digalakkan FTP bersama Universitas Brawijaya untuk menghasilkan luaran yang komprehensif. Berbagai kajian yang telah dan akan dilakukan diharapkan dapat menghasilkan iptek untuk mendukung kemajuan pangan lokal dan pangan fungsional serta  UKM di Kota Malang.

Sementara Wakil Walikota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko mengungkapkan bahwa peran perguruan tinggi sangat strategis dalam mendorong percepatan pembangunan dan kemampuan membuat riset dan kajian sehingga eksistensinya dapat menjadi agen pembangunan di suatu daerah. Dengan demikian, Pemerintah Kota Malang  berharap ITS  dan FTP UB dapat mengambil peran dan memberikan kontribusi terbaik bagi percepatan pembangunan kota malang. Terutama mengingat 2021 memiliki agenda pemulihan ekonomi secara masiv akibat adanya pandemic covid 19.

FTP UB dan DISKOPINDAG Malang sepakat untuk mengadakan kerjasama dalam pelaksanaan program-program lembaga yang terutama berkaitan dengan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat  untuk mengembangkan industri kecil dan menengah di Kota Malang.  Beberapa kegiatan yang disepakati akan dilakukan diantaranya adalah pendampingan pengembangan industri kecil menengah yaitu Sentra Industri Tempe dan Keripik Tempe Sanan Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing. Pendampingan tersebut diantaranya adanya penyusunan standar; penelitian inovasi dan pengembangan produk termasuk pengembangan kemasan produk; penelitian teknologi tepat guna untuk produksi produk inovasi; diseminasi hasil penelitian; hingga pemberian pendidikan dan pelatihan kepada pelaku industri dengan mengacu pada penelitian dan pendampingan pengembangan manajemen industri.

Selain kesepakatan antara FTP UB dan DISKOPINDAG Kota Malang, kegiatan tersebut juga sekaligus beragendakan penandatangan kerjasama antara Pemerintah Kota Malang dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian