FTP UB jalin Kerjasama dengan PT. Syngenta Seed Indonesia

Open Registration Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa : Meningkatkan Jiwa Kepemimpinan, Kepedulian, dan Pola Berpikir Kritis untuk Mahasiswa FTP UB yang Lebih Kontributif
Oktober 29, 2019
Jamin Kualitas, FTP Laksanakan AIM Siklus 18
Oktober 30, 2019

FTP UB jalin Kerjasama dengan PT. Syngenta Seed Indonesia

Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB), Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, MP. menandatangani nota kesepahaman bersama (Memorandum of Understanding) dengan Pimpinan PT. Syngenta Seed Indonesia, Ir. Suwarno, MM di Ruang Sidang FTP lantai 8, Senin (28/10/2019).

Kedua belah pihak sepakat mengadakan kerja sama dibidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta peningkatan kualitas sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.

Dalam sambutannya Dekan FTP, Prof. Dr. Ir. Imam Santoso menjelaskan saat ini FTP dengan  11 guru besar serta semangat riset civitas akademikanya, merupakan potensi yang besar untuk melaksanakan kerjasama akademik, penelitian ataupun pengabdian masyarakat. “Bagi fakultas, semakin banyak instansi yang berkolaborasi, akan semakin terbuka peluang untuk mengaktualisasi keilmuan kita. Terutama saat ini kita sedang getol-getolnya membangun kerjasama dengan pihak luar dalam rangka meningkatkan implementasi keilmuan karena saat ini disinyalir riset untuk riset. Sudah saatnya hasil riset berujung inovasi dan komersialisasi. Kita akan dorong supaya dimasa depan riset riset FTP dapat makin bermanfaat bagi masyarakat,” paparnya.

Senada dengan Pimpinan PT. Syngenta Seed Indonesia, Ir. Suwarno, MM menjelaskan bahwa kerjasama dengan pihak universitas diperlukan untuk memperkuat research and development.

“Meski baru lahir pada November 2001, kami bukan pemain baru di jagad agrobisnis Indonesia. Berinduk di Swiss, Syngenta merupakan penggabungan dari PT Novartis Agro Indonesia dan PT Zeneca Agri Products Indonesia. Saat ini kami tengah fokus menggeluti bidang bibit, pupuk, pestisida, hingga bahan pelindung tanaman lainnya. Baik tanaman sayuran maupun tanaman pangan dan perkebunan lainnya. Karenanya kami perlu memperkuat keilmuan kami termasuk dengan melakukan kerjasama bersama FTP UB ini. Terutama  karena saat ini kami juga tengah fokus mengembangkan benih jagung hibrida (transgenik)  yang berpotensi tinggi bagi petani plasma di kawasan Pasuruan, Jawa Timur,” demikian dipaparkan Ir. Suwarno, MM yang juga merupakan alumnus FTP UB.

Tampak hadir dalam penandatanganan nota kesepakatan bersama yang berlangsung dua tahun Wakil Dekan II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Dr. Dodyk Pranowo, STP. M.Si, Ketua Jurusan Keteknikan Pertanian (TEP), La Choviya Hawa, Ph.D dan beberapa dosen TEP seperti Dr. Gunomo Joyowasito, Dr. Ekoyanto Pudjiono, Dr. Ary Mustofa Ahmad. (dse)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian