FTP UB Juara Umum PIMNAS 30 tahun 2017

Wadek I FTP Hadiri FANRES Executive Meeting di Malaysia
Agustus 25, 2017
Penandatanganan MoU FTP dan University of Southampton
Agustus 28, 2017

FTP UB Juara Umum PIMNAS 30 tahun 2017

Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya kembali mendominasi perolehan emas kontingen Universitas Brawijaya sebagai Juara Umum Pekan Ilmiah Mahasiswa tingkat Nasional (PIMNAS) 30 tahun 2017 di Universitas Muslim Indonesia – Makassar. Dalam kompetisi ilmiah paling prestisius tingkat nasional yang diselenggarakan pada 23-28 Agustus 2017 ini FTP berhasil sumbangkan empat emas dari total lima emas raihan UB. Sementara itu Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berada di bawah UB dengan raihan masing masing tiga emas.  Adapun rincian medali yang berhasil dibawa pulang FTP adalah empat emas dan dua perunggu pada kategori presentasi serta dua emas, dua perak, satu perunggu dan satu favorit pada kategori poster.

Empat emas kategori presentasi ini berhasil diraih oleh ketiga tim PKM-KC (Program Kreativitas Mahasiswa bidang Karya Cipta) dan satu PKM-T (Program Kreativitas Mahasiswa bidang Teknologi) FTP. Ketiga tim PKM-KC tersebut adalah “B-PROTECT (Bee Propolist Heat Extractor) Inovasi Rancang Bangun Propolis Berbasis Authomatic ReHeater (Resistive Heating With Vacuum Filter) Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Produk Obat Herbal Peternakan Lebah Lokal” karya Rio Bangga Indriawan dkk, “NORMEX (Non-Thermal Pigment Extractor) Rancang Bangun Alat Ekstraksi Pigmen Antosianin Berbasis Non-Thermal HEP (Hyper Elecric Pulse) dalam Upaya Mewujudkan Keamanan Pangan 2030” karya Rismoyo Nahri Filanto dkk dan “ELEGAN CAFE (Electroosmosis Irrigation System For Non-Technical Field) solusi Efektif Irigasi Tanaman Hortikultura pada Lahan Non Teknis” karya Gigih Widyawantoro dkk.

Sementara satu PKM-T FTP yang berhasil meraih emas kategori presentasi adalah “INUVINE (INTEGRATED UV PASTEURISATION AND CHEMOSTAT FERMENTATION LOWGRADE-CARROT KEFIR MACHINE): Aplikasi Sistem Pasteurisasi-Fermentasi Berbasis Continuous Culture Dalam Pengolahan Kefir Wortel Lowgrade Pada Ukm Istiqomah Kota Batu” karya Widya Nur Habiba dkk . Yang membanggakan, tim INUVINE dibawah bimbingan Dr. Ir. Elok Zubaidah, MP ini juga berhasil meraih emas pada kategori poster sehingga berhasil mengawinkan medali.

Selain itu FTP juga berhasil meraih dua perunggu di kategori presentasi oleh tim “PILATOR (Rapid Salmonella Detector) Inovasi Detektor yang Cepat, Praktis, dan Akurat Berbasis Colorimetric Biosensor sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keamanan Pangan Indonesia” karya Maria Florencia Puspitasari S. dkk dan “COBOI (Coumarin Box for Onion) Sebagai Alat Postharvest Treatment untuk Mencegah Pertunasan dalam Memperpanjang Daya Simpan dan Menahan Fluktuasi Harga Bawang Merah (Allium cepa)” karya Setianingsih dkk. Selain memperoleh perunggu, Coboi juga berhasil mempersembahkan emas pada kategori poster sehingga FTP berhak membawa dua emas poster.

Pada kategori poster, selain dua emas persembahan Inuvine dan Coboi, FTP juga berhasil membawa pulang dua perak oleh tim BProtec dan Normex. Selain itu FTP juga meraih perunggu raihan “Pemanfaatan Asam Salisilat Hasil Sintesis Dari Minyak Gandapura Sebagai Inhibitor Biosintesis Etilena Pada Tanaman Apel” karya Hilyah Qurratu Ainin Azka dkk. Adapula tim “SMART-COMIC (SMART COCONUT MILK SONICATION): Rancang Bangun Alat Sterilisasi Santan berbasis Teknologi Termosonikasi sebagai upaya Peningkatan Kualitas Produk Olahan Kelapa di Indonesia,” karya Pangestu Riski Lestari dkk yang berhasil keluar sebagai juara favorit kategori poster.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Dekan III FTP bidang Kemahasiswaan yang juga merupakan Ketua Tim Pemenangan PIMNAS XXX UB, Yusuf Hendrawan, STP.M.App.Life. Sc. Ph.D mengucapkan,” Selamat dan syukur tim PKM UB berhasil mencetak hattrick sebagai juara umum PIMNAS tiga kali berturut turut sehingga total enam kali menjuarai PIMNAS. Saya bersyukur dan bangga tiga tahun berturut turut pula FTP selalu mendominasi perolehan medali emas UB, selalu menjadi penyumbang emas terbanyak. Sesuai janji saya, saya akan menjadikan UB juara umum tahun ini hanya dengan tim saya FTP UB. Perolehan emas FTP bahkan diatas UGM dan ITS yang merupakan juara dua dan tiga PIMNAS 30. Sebagai wakil dekan saya haturkan terimakasih atas dukungan penuh dekanat, staff kemahasiswaan, para dosen pembimbing, ARSC, para reviewer internal, serta tentunya adik adik mahasiswa atas prestasi ini. FTP UB berhasil  cetak hattrick sebagai juara umum PIMNAS tiga tahun berturut turut. Satu kata! Satu Jiwa! FTP UB Juara!!! , Barokalloh,” pungkasnya. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian