Penelitian dan Abdimas PNBP FTP 2011

Dosen dan Mahasiswa FTP Raih Best Presenter
Desember 2, 2011
Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur SAP
Desember 16, 2011

Penelitian dan Abdimas PNBP FTP 2011

FTP- Setidaknya ada enam penelitian dan enam kegiatan pengabdian masyarakat telah tuntas dilakukan dosen Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) dibiayai Dana Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) FTP  Universitas Brawijaya pada akhir tahun 2011 ini. Hal ini menunjukkan gairah dan produktivitas dosen FTP relatif  signifikan melakukan dua unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Demikian dikatakan Sekretaris Badan Pertimbangan Penelitian dan Pengabdian Masyakarat (BP3M) FTP,  Siti Asmaul Mustaniroh, STP. MP, Kamis, (15/12) di ruang Sekretariat BP3M FTP.

“Hari ini semua laporan kegiatan penelitian dan abdimas telah masuk.  Setelah sebelumnya dilakukan monitoring dan evaluasi (monev) baik desk evaluation maupun supervisi lapang pada awal bulan lalu,”  papar dosen Jurusan Teknologi Industri Pertanian ini.

Disebutkannya, kegiatan penelitian dan abdimas yang rampung  dilaksanakan tersebut merupakan hasil kerja  kelompok dosen dari ketiga jurusan yang ada di FTP.  12 Kegiatan tersebut sebelumnya telah  dinyatakan BP3M lolos seleksi  program pemberian isentif kegiatan penelitian dan abdimas di FTP untuk tahun 2011.

Dijelaskanya, enam hasil penelitian yang dihasilkan antara lain, dua riset kelompok dosen dari Jurusan THP bertajuk Potensi Fofolipid Terstruktur Berbasis Lesitin Kedelai Komersial yang Mengandung Asam Lemak Omega-3 dalam Menurunkan Resiko Aterosklerosis Tikus  Sprague Dawley Jantan yang diberi diet Aterogenik, diketuai Muhammad Nurcholis, STP. MP. Serta riset berjudul Pengaruh Metode Fermentasi Terhadap Nilai Gizi dan daya Cerna Protein Jagung sebagai Bahan Pangan Utama, koordinator Dian Widya Ningtyas, STP. MP.

Kemudian, dua hasil penelitian kelompok dosen jurusan TIP yakni, Optimasi Ekstrasi Gelatin dari Kulit Ikan Nila (Oreochromis Niliticos) dengan Metode Respon Permukaan sebagai Alternatif Penyediaan bahan Tambahan Makanan Halal yang diketuai Mas’ud Effendi, STP. MP. Serta riset Hendrix Yulis Setyawan, STP. MSi bertajuk Optimasi Proses Ekstrasi Serat Daun Sanseivera dengan Menggunakan Larutan kapur Tohor Ca (OH)2.

Sedangkan riset dari kelompok dosen Jurusan TEP antara lain, Rancang Bangun dan Permodelan Fotobioreaketor Vertikal untuk Budidaya Mikroalga dengan ketua peneliti M. Bagus Hermanto, STP. MSc dan Aplikasi Edible Coating dari Aloe Vera pada buah Melon terolah Minimal (kajian Karakteristik Mutu dan Pendugaan Umur Simpan Menggunakan ASLT) oleh Rini Yulianingsih, STP. MT dan rekan.

Adapun enam kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud nyata kontribusi perguruan tinggi  terhadap masyarakat dilaksanakan kelompok dosen THP, berjudul Peningkatan Ketrampilan Wirausaha Ibu Rumah Tangga Kelompok PKK Bandulan melalui Peltihan dan Pendampingan Wirausaha Berbasis Keripik Umbi-Umbian Inferior; Peningkatan Nilai Tambah Komoditi Lokal pada Kelompok PKK desa Gunung Rejo, Kecamatan Singosari Malang melalui Pelatihan Diversifikasi Produk danPenyuluhan Keamanan Pangan.

Kegiatan pengabdian masyarakat dari kelompok dosen jurusan TIP yakni, Diversifikasi Produk Olahan Mangga Menjadi Sirup buah Mangga di Kelompok Tani Wanita Tiron Makmur kabupaten Kediri; serta abdimas berjudul Diversifikasi Produk Olahan Berbasis Ikan Gabus di Kelomok Belajar Paket B “Rukun Sentosa” Kabupaten Lamongan.

Kelompok dosen jurusan TEP melakukan kegiatan abdimas berjudul Budidaya sayur Hidropolik Skala Rumah tangga, Suatu Upaya Perbaikan Gizi dan Tambahan Pendapatan Keluarga di Perkotaan. Selain itu abdimas berjudul Introduksi Pengolahan Karamel dan Dodol Susu pada Anggota Koperasi Unit Desa SAE Pujon sebagai Upaya Pemanfaatan Susu Sisa Sortasi menjadi Produk Berdaya Saing Tinggi. (elr)

(Abdimas Pengolahan Karamel dan Dodol Susu)

(Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Macam Keripik Umbi )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian