Functional Foodfest Bazaar a la THP FTP

FTP Terima Kunjungan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Mei 22, 2014
Dosen, Staff dan Mahasiswa Punya Peluang yang Sama Meraih Beasiswa Keluar Negeri
Mei 24, 2014

Functional Foodfest Bazaar a la THP FTP

Z18Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP) angkatan 2011 Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB) menggelar bazar pangan fungsional di halaman FTP, Rabu (21/05/2014) mulai pukul 08.00 pagi.

Kegiatan ini merupakan tugas besar dalam MK Praktikum Kewirausahaan Pangan (KWU), mata kuliah wajib untuk seluruh mahasiswa semester 6 semua program studi THP berbobot 2 SKS.  Menurut koordinator dosen pengampu KWU, Indria Purwantiningrum, STP. M.Si., kegiatan ini bertujuan supaya mahasiswa lebih memahami perspektif entrepreneurship, business plan, serta bagaimana mengkreasi pangan fungsional.

“Melalui kegiatan ini kami berharap supaya mahasiswa dapat lebih mengetahui bagaimana membuat makanan yang tidak saja enak tetapi juga bermanfaat secara kesehatan.  Tidak hanya itu tetapi makanan mereka juga harus layak jual dan harus mendapatkan keuntungan. Jadi mereka belajar banyak hal mulai dari mencari ide, pengetahuan bahan, teknik pengolahan yang harus sehat dan higienis, packaging yang menarik, strategi marketing, target pasar sampai pada perhitungan BEP (break event point, red), karena hasil penjualan mereka harus mendapatkan laba walupun sedikit,” demikian Indria menjelaskan.

Aneka olahan pangan yang tersaji dalam 30 stand pada festifal makanan ini terbagi dalam 4 tema sesuai manfaat kandungannya, yaitu osteoporis, penguat system imun, autis dan anti aging.  Makanan yang bermanfaat untuk anti aging adalah Alkana Stick, Peri Muda, Strawberry Tea, Krimut, Agice, Vitella, Gesit dan Chokuca.

Sementara produk olahan pangan yang bermanfaat untuk osteoporosis adalah Frozen Risoles,  Rainbow Dumpling, High Calcium Rengginang, MR Oz Chip, Jelly Jessi, The Cake Ice, Nougat, Fruta Piel, Onananis, Risoy, Calkies dan Dompet atau Dodol Ngumpet.

Berbagai pangan fungsional untuk system imun adalah Choco G, Sumve Dimsum, Choco Broo, Malvy Sorbet Ice, Carrot Cookies, Moichih, Choco Hero, ICEPO, Hakau Mr. Jake, Mochinut Candy dan Pocky Pang.

Sedangkan makanan yang bermanfaat untuk penderita autis adalah Bubur Edelwais, Pasta Short Mie, King’s Cdumpling, Snack Moku, Abon MBois, Nagihin Amuum, Feimun Ice Cream, Velva Ice Cream, Chikibow, Nutrico dan Kicato Cookies.

Seluruh olahan pangan yang disajikan selain dijual untuk umum dengan kisaran harga Rp.3000,- sampai Rp.8.000,- ini juga dinilai oleh dewan juri yang berasal dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag)Batu, SMK THP Singosari dan dari FTP UB sendiri. Adapun kriteria penilaian meliputi kesesuaian tema, kesesuaian harga, organoleptic produk, kemasan, stand serta kreativitas total.

Pada acara yang dihelat bekerjasama dengan  HIMALOGISTA (Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian) FTP UB tersebut juga dimeriahkan oleh demo pembuatan Bakpao Telo isi Sosis dan Coklat dari Food Processing Training Center (FPTC) FTP, donor darah bekerja sama dengan PMI Kota Malang yang berhasil mengumpulkan 50 kantong serta fun games berupa trivia quiz dan twit pic memperebutkan hadiah seru dari panitia. (dse)

Z19Z20

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian