GJM FTP Gagas Workshop SPMI

Himatitan Terima Kunjungan Mahasiswa Trunojoyo Madura
Maret 28, 2013
Baznas Tawarkan FTP Kerjasama
April 15, 2013

GJM FTP Gagas Workshop SPMI

Untuk lebih memantapkan peranan Gugus Jaminan Mutu (GJM) dan Unit Jaminan Mutu (UJM) dalam upaya penjaminan mutu di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP-UB) maka dilakukan inisiatif menggelar workshop Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) bekerjasama dengan Pusat Jaminan Mutu (PJM) UB, Rabu (3/4) pagi.

Demikian dikatakan Pembantu Dekan I, Dr. Ir. Bambang Dwi Argo, DEA dihadapan peserta workshop yang notabene para Manajemen Representatif (MR), Ketua, Sekretaris, anggota GJM dan UJM di lingkungan FTP yang bertempat di Ruang Sidang Utama FTP. Nampak hadir pula Ketua Jurusan TIP, Dr. Ir. Nur HIdayat, MP, Ketua Jurusan THP, Agustin Krisna Wardani, STP. MSi. PhD dan Ketua Jurusan TEP, Dr. Ir. Bambang Rahadi, MS.

“Sekaligus memperbaiki sistem layanan kepada pengguna jasa dan sistem pendokumentasian yang baik untuk mendukung proses akreditasi baik lingkup nasional maupun internasional serta mendapat sosialisasi persiapan proses akreditasi internasional seASEAN” ujarnya.

Workshop yang dibuka langsung Dekan FTP, Dr. Ir. Bambang Susilo, M. Agr. Sc ini dilaksanakan selama dua hari yakni Rabu dan Kamis (3-4/4). Keseriusan tim GJM FTP mengoptimalkan peranannya dalam implementasi SPMI, pada workshop ini dihadirkan narasumber yang berkompeten langsung dari Pusat Jaminan Mutu (PJM) UB.

Antara lain ketua PJM, Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS yang memberikan pemahaman Peran GJM dan UJM dalam implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal. Menurutnya, GJM dan UJM adalah unit yang membantu pimpinan membangun sistem PMI yang mulai dari perencanaan, Implementasi dan audit penerapan sistem serta menganalisanya untuk perbaikan ke depan. Fungsinya tak lain untuk membangun budaya mutu secara keberlanjutan.

“Karena itu, hendaknya anggota tim GJM maupun UJM tidak berganti orang minimal 4 tahun untuk memelihara sistem yang telah ada,” sarannya.

Dipaparkan Dekan FT terpilih ini lebih lanjut, untuk menunjang implementasi SPMI jelas dibutuhkan Manual Prosedur dalam setiap proses (pelayanan) menghasilkan jasa/produk. Namun ditegaskan Prof. Bisri, demikian beliau biasa disapa, GJM dan UJM hanya memfasilitasi dan memandu dalam pembuatan MP serta menganalisanya agar memudahkan pengguna produk/jasa layanan akademik, penelitian dan pengabdian yang diberikan.

“Yang membuat MP idealnya adalah tak lain orang-orang dari unit yang melakukan pelayanan secara langsung seperti Kaur, Kasubbag dan KTU.Karenanya mereka perlu dilibatkan dan diajak duduk bersama untuk mendiskusikannya. Sudah saatnya tenaga kependidikan lebih diberdayakan dan di berikan peluang untuk upgrade terus kompetensinya,” ujarnya.

Disampaikan Prof. Bisri pada akhir sesi, dirinya selaku ketua PJM UB menyambut baik itikad FTP dalam keseriusaan penanganan SPMI hingga mengadakan kegiatan workshop tersebut. Diungkapkannya, FTP adalah fakultas pertama di lingkungan UB yang menggagas workshop SPMI dan akan menjadikan sebagai sebagai prototype.

Sedangkan materi mengenai Sistem Dokumentasi, Koding dan Pengendalian Dokumen dipaparkan Ir. Ahmad Wicaksono, M. Eng. PhD sekaligus mensosialisasikan ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA) untuk persiapan akrediatasi internasional. Sesi berikutnya dilanjutkan oleh Dr. dr. Loeki Enggar Putri, M. Kes. Sp. Park yang menjelaskan materi Sistem Audit Mutu, Ruanglingkup dan Persiapan AIM.

Kemudian dilanjutkan materi Kebutuhan Dokumen Manual Prosedur dan Intruksi Kerja bagi Sistem Penjaminan Mutu oleh Ir. Tri Wahono sekaligus memandu sesi sinkronisasi evaluasi dokumen MP & IK yang ada pada GJM & UJM. Nampak pula Dekan mendampingi dan memberikan masukan selama sesi diskusi dan pemaparan hasil pemetaan manual prosedur. Pada akhir sesi diadakan diskusi Pembahasan Performansi Fakultas dan Jurusan serta kendala yang dipaparkan Dr. Ir. Bambang Dwi Argo, DEA. [elr]
_MG_0376

_MG_0404

_MG_0373

_MG_0369

_MG_0381

_MG_0387

_MG_0385
_MG_0402
_MG_0405

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian