Guru Besar THP Ajari Pegiat UKM di SETC Pandaan

Vocadfest ala KMK St. Clement FTP
Mei 28, 2019
Cuti Tahunan Idul Fitri 1440 H / 2019 M
Mei 30, 2019

Guru Besar THP Ajari Pegiat UKM di SETC Pandaan

Profesor Dr. Teti Estiasih, STP.MP., pakar ilmu pangan dari jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya dampingi 45 pegiat UKM Pangan se Jawa Timur dalam proses pembuatan informasi nilai gizi untuk kemasan produk UKM di  Sampoerna Entrepreneur and Training Centre (SETC) Pandaan, Senin (27/05/2019).

Dalam paparannya, Prof. Teti yang juga merupakan Ketua Jurusan Teknologi Hasil Pertanian  FTP UB ini memaparkan bahwa informasi nilai gizi dalam kemasan bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai kandungan makanan dalam kemasan sehingga dapat menghindarkan konsumen dari produk pangan yang berbahan berbahaya.

Lebih lanjut Prof. Teti juga menjelaskan bahwa sesuai pedoman penyusunan informasi nilai gizi BPOM RI, informasi yang wajib dicantumkan adalah takaran saji serta jumlah sajian per kemasan. Adapun zat gizi yang wajib dicantumkan adalah energi total, lemak total, protein, karbohidrat total serta natrium. Sementara itu adapula zat gizi yang wajib dicantumkan dengan persyaratan tertentu seperti diantaranya adalah energi dari lemak, lemak jenuh, lemak transkolesterol, serat pangan, gula, vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi serta zat gizi lain yang wajib ditambahkan / difortifikasikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.  (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian