Guru Besar THP Berikan Kuliah Tamu di Kendari

Sosialisasi Perpustakaan dan BKPA FTP
September 27, 2017
Kuliah Tamu Metode Disinfeksi Air Terbaru dari Mien Trung University -Vietnam
September 29, 2017

Guru Besar THP Berikan Kuliah Tamu di Kendari

Profesor Dr. Teti Estiasih, STP.MP., pakar ilmu pangan dari jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya memberikan kuliah tamu bertema “Teknologi Pengolahan Minyak Ikan Untuk Pangan dan Kesehatan” pada ratusan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kendari, Senin (18/09/2017).

Dalam paparannya, Prof. Teti yang juga merupakan Ketua Jurusan Teknologi Hasil Pertanian  FTP UB ini memaparkan bahwa minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang terdiri dari asam dokosaheksaenoat (DHA) dan asam eikosapentaenoat (EPA). Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa minyak ikan yang mengandung asam lemak Omega-3 terutama asam eikosapentaenoat (EPA) dan dokosaheksaenoat (DHA) sangat bermanfaat bagi kesehatan dan perkembangan otak manusia. Ini dikarenakan asam lemak arakhidonat (AA) dan DHA merupakan komponen struktural otak yang mempengaruhi kinerja otak dan sistem syaraf.

Prof. Teti juga menjelaskan bahwa mutu fisik dan kimia minyak ikan sangat bervariasi. Teknik ekstraksi dalam pengolahan minyak ikan dapat dilakukan dengan berbagai metode diantaranya adalah rendering kering, rendering basah, hidrolisis, silase asam atau dengan menggunakan pelarut. (dse)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian