Himalogista Great Event 2014

Peningkatan Mutu Layanan FTP
November 16, 2014
Mahasiswa TIP Raih Juara Terinovatif LKTI PIMPI 2014
November 17, 2014

Himalogista Great Event 2014

Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (Himalogista FTP UB) menyelenggarakan rangkaian kegiatan Himalogista Great Event (HGE) 2014 Bertema “Meningkatkan Kepedulian Masyarakat terhadap Pangan Indonesia Melalui Karya Nyata yang Proaktif dan Edukatif” selama tiga hari berturut turut, Jumat-Minggu (14-16/11/2014).

Dipaparkan ketua panitia Fhiola Alfitri (THP 2012) bahwa rangkaian kegiatan HGE ini meliputi Charity ke Pusat Layanan Autis Malang, Kompetisi Pangan Nasional tingkat SMA/SMK “Fermentation” dan diakhiri dengan festifal pangan “COCOPHORIA”.

Charity ke Pusat Layanan Autis

Kegiatan amal ini ditujukan kepada anak anak autis yang berada di Pusat Layanan Autis Kota Malang. Pada kegiatan yang dilaksanakan Jumat (14/11/2014) ini, Himologista mengajak anak-anak bermain bersama sambil melatih kemampuan psikomotorik dengan aneka games seru. “Diharapkan keceriaan yang kami bangun melalui acara ini dapat makin mengasah kemampuan kognitif dan perkembangan psikologis mereka. Jadi meski kesannya hanya bermain tetapi ada misi edukatif yang ingin kami raih bersama mereka,”demikian dituturkan Tika (THP 2012) salah satu panitia HGE 2014.

Kompetisi Pangan Nasional “Fermentation”

Ferementation merupakan Kompetisi Pangan Nasional untuk tingkat SMA/SMK. Ada tiga tahapan untuk mengikuti kompetisi ini. Tahapan pertama adalah berkompetisi secara online mengerjakan soal seputar pangan dan ilmu pengetahuan alam (Biologi, Kimia, Fisika dan Matematika). Tahap selanjutnya bagi peserta yang lolos harus mengumpulkan karya tulis tentang pangan. Bagi peserta yang lolos di tahap ini akan mengikuti undangan untuk mempresentasikan karya ilmiahnya di FTP UB pada malam puncak HGE 2014 yang bertepatan dengan festifal Cocophoria.

Dipaparkan salah satu panitia HGE 2014, Ervin Lutfiana (THP 2012), “Harapannya Fermentation ini akan terus berlanjut di tahun mendatang. Karena melihat animo peserta tahun ini yang sangat besar, Kali ini tercatat sekitar 98 tim dari seluruh Indonesia yang  berpartisipasi di ajang ini. Selain itu kompetisi ini juga bertujuan untuk mengenalkan ilmu pangan ke pelajar SMA/SMK. Jadi rasanya sayang kalau hanya dilaksanakan di tahun ini. Harapannya melihat antusiasme peserta di kompetisi yang baru kami selenggarakan ini, ajang ini dapat menjadi proker rutin HIMALOGISTA di tahun tahun mendatang. ”

IMG_6819Hadiah yang sudah dipersipakan panitia adalah Uang Tunai senilai Rp. 2.000.000, sertifikat dan piala diraih oleh  tim dari SMAN 10 Malang sebagai pemenang utama  Sementara pemenang kedua yang diraih oleh MAN Insan Cendekia Gorontalo berhak atas uang tuani senilai Rp. 1.500.000, sertifikat dan piala. Adapun SMA N 61 Jakarta merupakan pemenang ketiga dan berhak atas uang tunai seniali Rp. 1.000.000, piala dan sertifikat.

COCOPHORIA

IMG_6987Festifal Pangan terheboh di penghujung 2014 ini mengambil tema 9 Coco Cultures, 99 Coco Lanterns, 999 Coco Lights. Sengaja mengambil angka 9 karena ini merupakan HGE yang kesembilan. Selain itu kelapa diketahui mempunyai sejuta manfaat bagi kehidupan umat manusia, ini sejalan dengan misi Himalogista untuk selalu bermanfaat seperti 9 kelapa, indah dan bersinar seperti 99 Lentera Kelapa dan bercahaya bagi sesama selaksa 999 Cahaya. Untuk 999 pengunjung pertama akan mendapatkan snack dan welcome drink berbahan kelapa. Festifal ini menghadirkan bazaar aneka produk berbasis kelapa (pangan, souvenir, handycraft, virgin coconut oil), hiburan musik, tari, teater Antaruang, serta aneka games seru dan doorprize menarik.  (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian