HIMATETA dan BEM FTP Peringati Hari Sampah Nasional 2014

Guru Besar FTP Pembicara di Konfrensi International Halal Thoyyib Industry & Research
Februari 21, 2014
KMA FTP Selenggarakan Training for New Leaders
Februari 24, 2014

HIMATETA dan BEM FTP Peringati Hari Sampah Nasional 2014

care sampahHimpunan Mahasiswa Keteknikan Pertanian (HIMATETA) bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (BEM FTP) menyelenggarakan kegiatan “SUMBANGKAN SAMPAHMU PEDULI SESAMAMU” pada Jumat (21/02) di halaman FTP UB sejak pukul 08.00 – 11.00 WIB. Aksi ini diselenggarakan dengan mengundang seluruh Lembaga Kreativitas Mahasiswa (LKM) se-FTP untuk memperingati Hari Sampah Nasional 2014.

HIMATETA bersama tim Creative Action For Enviroment (CARE) memiliki agenda Jumat Bersih sebagai aksi lingkungan untuk membersihkan kampus dari sampah dan paku yang menancap di pohon. Tetapi aksi CARE kali ini terasa lebih bermakna karena dihelat bekerja sama dengan BEM dan seluruh LKM. Kesan mendalam ini juga makin terasa berkat adanya misi sosial untuk menolong korban bencana alam melalui sampah yang berhasil dikumpulkan.

Menteri Informasi dan Komunikasi (Infokom)BEM FTP, Dwi Febrilia (TIP 2011) memaparkan, “Selain mengumpulkan sampah, kami juga mengumpulkan tanda tangan kesediaan untuk menjaga lingkungan dari seluruh mahasiswa UB. Sedangkan seluruh sampah yang terkumpul akan langsung kami jual sore ini. Hasilnya akan kami sumbangkan pada korban letusan Kelud di pos pengungsian Ngantang. Jadi total kami dari BEM FTP mengunjungi korban Kelud 4 kali, semoga saja bisa membantu meringankan duka korban. Oya selain itu, untuk 100 pengumpul sampah pertama akan mendapat striker cantik dari panitia.”

Pemerintah mencanangkan Hari Sampah Nasional setiap tanggal 21 Februari untuk memperingati tragedi Leuwigajah Jawa Barat. Pada 21 Februari 2005 dini hari, tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Leuwigajah longsor dan mengubur 143 orang tewas seketika. Sekitar 137 rumah di Desa Batujajar Timur, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung dan dua rumah di Desa Leuwigajah, Cimahi, Provinsi Jawa Barat juga tertimbun longsoran sampah dengan ketinggian mencapai 3 meter. Hal ini dikarenakan pengelolaan TPA yang belum memenuhi syarat. Dengan pencanangan Hari Sampah Nasional diharapkan masyarakat dapat lebih peduli akan sampah dan lingkungan. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian