Himateta FTP Gagas Semnas Agricultural Engineering Event 2012

SINERGI KEBIJAKAN PANGAN DAN BIO-ENERGI
Juni 5, 2012
Ibarat Motor Melaju Mengejar Impian
Juni 25, 2012

Himateta FTP Gagas Semnas Agricultural Engineering Event 2012

Himpunan Mahasiswa Keteknikan Pertanian (HIMATETA) Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Univeristas Brawijaya (UB) menyelenggarkan acara Seminar Nasional Agricultural Engineering Event 2012 yang bertemakan “ Inovasi Teknologi Sederhana Kembangkan Sektor Pertanian Indonesia, Kamis (8/7) di Gedung Samantha Krida.

Menghadirkan beberapa narasumber antara lain dari Litbang Kementrian Pertanian RI, Prof. Dr. Ir. Bambang Prastowo membawakan materi bertajuk Energi Alternatif Dasar Kemajuan Bangsa. Kemudian Thohir Zubaidi, APi. peneliti dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Timur dengan materi Peranan Alsistan dalam Mendukung Program IP-Padi 400 serta presentasi dari pemenang Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Agricultural Engineering Event 2012.

Bambang Prastowo menekankan pentingnya inovasi teknologi Agroindustri Tepat guna untuk antisipasi krisis energy sehingga diperlukan ide inovasi melalui penelitian dan kebijakan pemerintah yang mendukung pengembangan, termasuk prioritas alokasi dana penelitian.

Ditegaskannya, sekarang Indonesia sudah saatnya mulai konsentrasi mengembangkan teknologi bioenergi generasi ke II dengan memanfaatkan limbah nabati dari pengolahan dan industry pangan yang cukup melimpah ketersediaanya.

“Teknologi itu tidak murah dan dibutuhkan riset berkesinambungan. Kepada civitas akademika termasuk mahasiswa sebagai generasi muda pembawa pembaharuan, risetnya mulai diarahkan pengembangan teknologi dan eksplorasi sumberdaya energy nabati. Dan membantu sosialisasikan energy alternative sehingga dapat merubah pola pikir masyarakat terkait konsumsi bahan bakar migas yang semakin terbatas,” saran Bambang.

Sedangkan  Thohir Zubaidi menjelaskan, program pembangunan Pertanian adalah ketahanan pangan melalui peningkatan produksi dan peningkatan nilai tambah. Melalui usaha agribisnis diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Pengembangan system dan usaha agribisnis utama yang harus dikembangkan adalah komoditas strategis.

Menurut Thohir, teknologi yang diterapkan sudah cukup banyak, hanya saja dari segi adopsi kepada petani, acapkali terkendala keterbatasan permodalan, keterbasan social budaya dan penerapan kebijakan pemerintah yang belum sepenuhnya mendukung program swasembada pangan.

Kegiatan yang berlangsung selama sehari tersebut, dibuka langsung Dekan FTP, Dr. Ir. Bambang Susilo, M. Agr. Sc, didampingi Pembantu Dekan III, Dr. Ir. Elok Zubaidah, MP. Dan dihadiri banyak kalangan antara lain SMK Pertanian se Jawa Timur, mahasiswa program sarjana dan pascasarjana FTP dan UB pada umumnya serta peserta dari Universitas lain seperti Universitas Negeri Malang.

Ketua Pelaksana, Rifqi Adi Prasetya (TEP ‘11), mengungkapkan, kegiatan berupa presentasi serta diskusi dengan pemateri tersebut, merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian Agricultural Engineering Event 2012. Dimana sebelumnya telah dilaksanakan Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan Pertanian.

Dituturkan Rifqi, hal tersebut dilakukan bertujuan memberikan wadah kepada siswa SMA/K menuangkan ide inovatifnya sebagai kepedulian permasalahan bangsa yakni krisis energy dan pangan serta menumbuhkan minatnya terhadap pengembangan teknologi pertanian yang solutif. Setelah lomba LKTI dan seminar ini akan dilakukan pengenalan dan workshop pengolahan biogas sebagai energy alternative. [Elr]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian