Himateta FTP Terima Kunjungan Himatepa Udayana

Sweger, Instant Carrot Drink Karya FTP UB
Juli 5, 2014
Absensi SP Semester Genap 2013/2014
Juli 8, 2014

Himateta FTP Terima Kunjungan Himatepa Udayana

Himpunan Mahasiswa Teknik Pertanian Universitas Udayana (Himatepa Udayana) kunjungi Himpunan Mahasiswa Keteknikan Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (Himateta FTP UB), Kamis (03/07/2014). Rombongan berjumlah 39 mahasiswa dan 1 dosen pembimbing ini diterima langsung Sekretaris Jurusan Keteknikan Pertanian, Yusuf Hendrawan STP., M.App. Life.Sc. Ph.D.  bersama ketua dan jajaran pengurus Himateta di ruang F.51 FTP UB.

Dalam sambutannya, Akbar Setyo Pambudi (TEP 2011) Ketua Himateta menyampaikan profil dan program Himateta. ” Pada kepengurusan periode ini, kami memusatkan program kerja pada 2 hal, yaitu pengembangan soft skill dan pengembangan keilmuan.  Pengembangan softskill akan dilakukan oleh bidang Dana dan Usaha, bidang Pengelolaan Internal, bidang Kaderisasi, bidang Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa, serta bidang Informasi dan Komunikasi. Sementara pengembangan keilmuan akan dilakukan oleh bidang Penelitian dan Pengembangan yang membawahi 3 tim yaitu tim robotika (ACRO), tim energi (AGENT) dan tim lingkungan (CARE). Ini berawal ketika ketua Himateta X tahun 2009, mas Abdul Wachid mengikuti kongres Imatetani dan mendapat inspirasi dari teman teman IPB sehingga kemudian terbentuklah Agricultural Robotica (ACRO).  Sementara tim energi berawal dari pengabdian masyarakat di Nganjuk. Melihat potensi yang ada membuat ketua Himateta XII tahun 2011, mas Ulwan Zuhdi tertantang untuk mengembangkannya semaksimal mungkin. Usaha inilah yang kemudian membidani lahirnya Agricuktural Energy Team (AGENT).  Selain itu, pada tahun yang sama juga awal lahirnya tim lingkungan atau Creative Action for Environment (CARE) karena tantangan camat di daerah tersebut untuk menggunakan tanaman bambu sebagai biopori,” jelasnya.

Sementara Sekretaris Jurusan Keteknikan Pertanian, Yusuf Hendrawan STP., M.App. Life.Sc. Ph.D.  dalam sambutannya memaparkan profil jurusan Keteknikan Pertanian Universitas Brawijaya (TEP UB). ”  Jurusan Keteknikan Pertanian merupakan pengembangan Program Studi Mekanisasi Pertanian setelah menjadi Program Studi Teknik Pertanian dengan SK Mendikbut N0. 0411/U/1994. Untuk menjawab tuntutan perkembangan ilmu dan aplikasinya, saat ini terdapat tiga program studi di jurusan kami yaitu PS Keteknikan Pertanian, PS Teknik Sumberdaya Alam dan Lingkungan serta PS Teknik Bioproses. Untuk menunjang kegiatan pembelajaran, kami memiliki 4 laboratorium yaitu Laboratorium Teknik Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Laboratorium Daya dan Mesin Pertanian, Laboratorium Teknik Pengolahan Pangan dan Hasil Pertanian serta Laboratorium Mekatronika Alat dan Mesin Agroindustri,” paparnya.

Lebih lanjut ketua rombongan yang juga Ketua Jurusan Teknik Pertanian Udayana Dr. Ir. I Wayan Widia, MSIE. dalam sambutannya mengungkapkan tujuan kunjungan kali ini adalah untuk mempererat tali silaturrahim. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menggali informasi lebih dalam terkait  pengelolaan jurusan dan kelembagaan mahasiswa. Setelah bertukar cenderamata, kegiatan diakhiri dengan field trip ke Laboratorium Teknik Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Laboratorium Daya dan Mesin Pertanian, Laboratorium Teknik Pengolahan Pangan dan Hasil Pertanian. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian