Ibarat Motor Melaju Mengejar Impian

Himateta FTP Gagas Semnas Agricultural Engineering Event 2012
Juni 7, 2012
UNGKAPAN BELA SUNGKAWA
Juni 30, 2012

Ibarat Motor Melaju Mengejar Impian

Untuk mencapai impian, paling tida ada tiga komponen dalam diri manusia yang harus dioptimalkan. Komponen tersebut bila dianalogikan sebagai sebuah kendaraan bermotor antara lain, motivasi dalam diri sebagai bahan baku, rasa percaya pada diri atau keyakinan dapat meraih impian sebagai gas serta kendali diri sebagi rem. Demikian, disampaikan dr. Solikhin Abu Izzudin, pada Tabligh Akbar dalam rangka Millad FORKITA, ahad 17 Juni 2012 lalu.

“Di dalam diri manusia untuk mencapai hal yang diinginkan harus memiliki 3 langkah. Pertama motivasi diri (sebagai bahan bakar) hal ini adalah bahan bakar untuk tindakan,” ungkapnya pada sesi achievment motivation training.
Penulis Buku Best Seller “Zero To Hero” tersebut kemudian mengungkapkan yang kedua adalah rasa percaya diri sebagai gas untuk melaju yang dapat mempercepat laju dalam setiap pemikiran menjadi tindakan nyata.
“Tanpa percaya diri yang baik seseorang tidak akan dapat melaju dan hanya berhenti dipikiran saja,” tutur Sholikhin.
Kemudian komponen yang ketiga, imbuhnya, adalah Rem Pengendali. Rem tersebut merupakan analogi dari tahu diri. Karena dengan rem yang pakem berguna mengevaluasi kembali impian tersebut. Bukan untuk meremehkan tetapi untuk memberi batasan agar kelak apa yang kita lakukan tidak sia-sia terbuang percuma.
‘Kita perlu menimbang kembali, seberapa besar kapasitas diri kita , seberapa besar hal-hal yang dapat memberhentikan langkah mimpi kita dan seberapa mampu kita meraihnya,” lugasnya.
Kegiatan Tabligh Akbar yang dibuka langsung Pembantu Dekan I FTP, Dr. Ir. Bambang Dwi Argo, DEA tersebut merupakan rangkaian kegiatan Millad FORKITA yang ke-14. Tampak hadir Pembantu Dekan III, Dr. Ir. Elok Zubaidah, MP.
Kegiatan yang dihadiri ratusan mahasiswa tersebut menghadirkan Prof. Dr. Ir. Mukhtasor, M,Eng.P.hd , Dewan Energi Nasional, Profesor muda Indonesia, Guru besar Fakultas Teknik Kelautan ITS Surabaya sebagai pembicara utama yang membawakan tausiyah bertema Pemuda, Ilmu dan Peradaban.

Ketua Pelaksana, Yoga Armanda, mengungkapkan Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud syukur atas keberlangsungan FORKITA selama ini. Selain itu juga sebagai kontribusi nyata pelayanan terhadap mahasiswa dan masyarakat dalam hal menyampaikan kebaikan dan bersama menuju perubahan yang lebih baik.
“Bentuk kegiatan ini yaitu kajian akbar yang mengundang pemateri tingkat nasional dan berupa penyampaian materi dan diskusi. Kegiatan ini juga diisi dengan penampilan seni islami seperti nasyid. Selain itu juga terdapat beberapa bazar,” pungkasnya.(elr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian