Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri Ikuti Geliat ARJUNA

Dosen THP Turut Susun Program BLK Singosari Malang
Februari 28, 2019
FTP UB Jalin Kerjasama dengan UPN Veteran Jawa Timur
Maret 1, 2019

Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri Ikuti Geliat ARJUNA

Dr. Retno Astuti, S.TP., M.T, Dosen Jurusan Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya selaku Editor-in-Chief Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri mengikuti kegiatan Geliat ARJUNA yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Jumat-Sabtu (22-23/02/2019) di The Margo Hotel Depok.

Geliat ARJUNA diikuti oleh 242 peserta yang berasal dari perwakilan jurnal Terakreditasi Peringkat 1 sampai 6 SINTA di seluruh Indonesia ini dimaksudkan untuk mendorong pengenalan SINTA dan melakukan percepatan akreditasi jurnal serta bertujuan untuk memberikan pemahaman kebijakan baru terkait akreditasi jurnal.

Berdasarkan surat Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual nomor B/219/E5.2/E5.2.1/2019, jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Brawijaya yang termasuk ke dalam peserta kegiatan ini hanya Jurnal Akuntansi Multiparadigma, Rekayasa Mesin, Journal of Degraded and Mining Lands Management, Brawijaya Law Journal: Journal of Legal Studies, Arena Hukum, serta Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri. Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri yang termasuk ke dalam peserta karena telah berhasil Terakreditasi Peringkat 2 SINTA dengan SK No. 30/E/KPT/2018.

Beberapa materi yang dibahas dalam kegiatan ini adalah Pemberian Hibah Bantuan (53 jurnal) dan Insentif Akreditasi Jurnal (113 jurnal), Kebijakan Akreditasi Jurnal oleh Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Peningkatan Kualitas Jurnal Ilmiah Bagi Karir Dosen dan Peneliti oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti, Akreditasi Jurnal Ilmiah Bagi Peningkatan Kualitas Sarjana oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Mekanisme Pengajuan Akreditasi Jurnal Nasional oleh KasubDit Fasilitasi Jurnal Ilmiah serta Etika Publikasi Ilmiah dan Research Misconduct oleh Pakar.

Dalam Geliat ARJUNA disampaikan bahwa Indonesia saat ini baru memiliki 2.270 jurnal terakreditas nasional untuk memenuhi kebutuhan jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan reformasi birokrasi pelayanan akreditasi jurnal ilmiah nasional yang memerlukan lebih dari 8.000 jurnal terakreditasi. Penerbitan Permenristekdikti Nomor 9 Tahun 2018 tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah diharapkan dapat mencapai target sebanyak 7.000 jurnal terakreditasi nasional dalam waktu dua tahun.

Geliat Arjuna diharapkan menjadi pemacu dan pemicu dosen, peneliti, mahasiswa institusi, pengelola jurnal, asesor jurnal serta stakeholder terkait untuk terus meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi ilmiah secara nasional dan internasional. Masa pendaftaran dan proses penilaian akreditasi jurnal ilmiah dibuka sepanjang tahun. Bagi jurnal ilmiah yang masih terbit dalam wujud cetak dan terkendala dalam penerbitan secara elektronik, Kemenristekdikti bekerja sama dengan LIPI menyiapkan Rumah E-journal Indonesia yang merupakan cloud aplikasi jurnal elektronik yang diberikan secara gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian