Industria: Jurnal Teknonologi dan Manajemen Agroindustri Gelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah dan Open Journal System for Author

Pengumuman Hasil Ujian Seleksi SAP 2019
Juli 24, 2019
Pengumuman Calon Mahasiswa Pasca Sarjana Gelombang III
Juli 25, 2019

Industria: Jurnal Teknonologi dan Manajemen Agroindustri Gelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah dan Open Journal System for Author

Dewan Editor Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri telah mengadakan Workshop “Penulisan Artikel Ilmiah dan Open Journal System for Author” yang diselenggarakan pada hari Jumat-Sabtu Tanggal 12-13 Juli 2019 di Ruang Citrus, UB Guest House. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperluas wawasan peserta mengenai penulisan artikel ilmiah dan hibah riset serta penggunaan Open Journal Sistem dan aplikasi Mendeley.

Peserta kegiatan ini berasal dari Universitas Brawijaya, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Universitas Jember, Universitas Pancamarga Probolinggo, Universitas Kadiri, Universitas PGRI Madiun dan Universitas Djuanda Bogor.

Kegiatan Ini dibuka oleh Dr. Ir. Imam Santoso, MP selaku Dekan Fakultas Teknologi Pertanian. Beliau menyampaikan pentingnya keberadaan dan keberlangsungan jurnal yang berada di Fakultas Teknologi Pertanian sebagai wadah dan pendongkrak peningkatan jumlah tulisan ilmiah baik di kalangan dosen maupun peneliti. Kualitas dan kuantitas lembaga penerbit jurnal berkualitas perlu ditingkatkan untuk mendukung program kerja Universitas Brawijaya yaitu peningkatan jumlah terbitan ilmiah Universitas Brawijaya baik nasional maupun internasional.

Narasumber pada hari pertama kegiatan yaitu Prof. Dr. Teti Estiasih, STP, MP. yang menyampaikan materi mengenai penulisan artikel ilmiah serta penulisan proposal hibah riset. Peserta workshop diberi pemahaman mengenai tahapan proses penulisan artikel ilmiah serta kiat-kiat menulis proposal hibah penelitian. Sementara itu narasumber di hari selanjutnya adalah Eko Pramudya Laksana, S.Pd. yang menyampaikan materi mengenai penggunaan Mendeley Reference Manager dan OJS for author. Peserta workshop diajak untuk praktik menggunakan Mendeley mulai dari proses penginstall-an, register akun, membangun data perpustakaan pribadi Mendeley hingga penggunaannya dalam pembuatan sitasi dan daftar pustaka. Peserta kemudian diajak untuk praktik men-submit artikel melalui OJS. Tahap-tahap yang dilaksanakan dijelaskan dengan rinci sehingga peserta dengan mudah mampu mengikuti arahan yang diberikan oleh Eko Pramudya Laksana, S.Pd.

Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan peserta workshop mengenai penulisan artikel ilmiah yang baik, penggunaan OJS ketika melakukan submit artikel jurnal, serta memanfaatkan Mendeley Reference Manager untuk membantu dan mempermudah dalam pembuatan sitasi dan juga daftar pustaka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian