Industria Raih Status Jurnal Terakreditasi

Dosen FTP Bina UKM Keripik Pisang Bumiayu
November 6, 2018
SMA Fons Vitae Jakarta Kunjungi FTP
November 9, 2018

Industria Raih Status Jurnal Terakreditasi

Status akreditasi berhasil diraih oleh Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri (Industria), jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya (TIP FTP UB). Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kemenristekdikti Nomor 30/E/KPT/2018, tentang Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode 2 Tahun 2018, Industria memperoleh status Terakreditasi Peringkat 2 (S2). Status akreditasi tersebut berlaku selama 5 (lima) tahun, mulai terbitan Volume 5 Nomor 3 Tahun 2016 sampai dengan terbitan Volume 10 Nomor 1 Tahun 2021.

Dr. Retno Astuti selaku Editor-in-chief Industria menyampaikan, “Alhamdulillah, akhirnya Industria berhasil meraih status akreditasi setelah enam tahun dari terbitan pertama di tahun 2012. Perolehan status akreditasi ini diharapkan meningkatkan antusiasme peneliti dan akademisi untuk menerbitkan artikel di Industria. Terima kasih kami sampaikan kepada pengelola, penulis, editor, reviewer, dan semua pihak yang selama ini terlibat dalam penerbitan Industria”. Selain diharapkan meningkatkan antusiasme penerbitan artikel di Industria, perolehan status akreditasi ini diharapkan meningkatkan reputasi UB, jurusan TIP, dan FTP. Status akreditasi ini juga memberikan kesempatan lebih luas bagi peneliti dan akademisi, baik dari dalam mau pun luar UB, untuk mempublikasikan artikel pada jurnal terakreditasi. Seperti yang diketahui, bahwa penulisan artikel dalam jurnal ilmiah terakreditasi adalah salah satu kewajiban untuk naik pada pangkat dan jabatan tertentu, khususnya bagi dosen. Capaian status terakreditasi ini tidak membuat Industria berpuas diri, justru merupakan satu batu loncatan lagi untuk pengembangan Industria. “Perolehan status akreditasi ini tentunya memacu kami selaku pengelola untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan dan artikel Industria. Target selanjutnya adalah peningkatan status akreditasi ke peringkat 1 (S1), menambahkan indeksasi Industria pada lembaga indeks bereputasi, serta bertahap melakukan migrasi ke bahasa Inggris agar Industria dapat menjadi jurnal internasional”, tambah Dr. Retno Astuti.

Sertifikat dan SK akreditasi dapat dilihat pada website Industria (www.industria.ub.ac.id). Submisi artikel juga dilakukan sepenuhnya dengan sistem Open Journal System (OJS) melalui website tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *