International Webinar Series #2 : Teknologi Air Bersih Canggih untuk Produksi Berkelanjutan

POTY Berhasil Berikan Gold Medal Internasional Pertama bagi UB di 2021
Februari 24, 2021
Penerimaan Mahasiswa Baru Pasca Sarjana FTP Semester Ganjil 2021/2022
Maret 2, 2021

International Webinar Series #2 : Teknologi Air Bersih Canggih untuk Produksi Berkelanjutan

Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya melaksanakan Internasional Webinar Series kedua dalam rangkaian Dies Natalis FTP yang ke 23 secara daring Kamis, (26/02/2021). Menghadirkan Abdulsalam Al-hadidi, PhD dari Fujifilm Manufacturing Europe b.v. dan Dr. Yusuf Wibisono, pakar Teknologi Membran Universitas Brawijaya, webinar ini bertema Teknologi Air Bersih Canggih bagi Produksi Berkelanjutan.

Abdulsalam Al-hadidi, PhD dalam paparannya menjelaskan bahwa 97.5% bumi terdiri dari air namun hanya 2.5 % nya saja yang layak dikonsumsi. Disinilah peran membran dalam teknologi desalinasi.Desalinasi adalah suatu teknologi untuk memisahkan garam guna mendapatkan air tawar yang bersih dan layak digunakan dalam berbagai kebutuhan manusia.

Paparan senada juga dijelaskan Dr. Yusuf Wibisono yangmenjelaskan bahwa air adalah zat berharga yang harus dijaga dan dipertahankan untuk generasi masa depan. Teknologi osmotik berbasis membran merupakan salah satu solusi pengolahan air yang bekerja pada produksi air bersih tingkat lanjut. Selain itu sistem hibrida teknologi osmotik berbasis membran juga sangat berperan dalam menjaga kebutuhan air, pangan dan energi secara global.

Kedua nya sepakat bahwa membran memiliki beberapa keunggulan dalam teknologi canggih produksi air bersih yang sangat bermanfaat dalam bidang medis, farmasi, pangan, pertanian, energi hingga nuklir. Ini kemampuan membran yang bahkan mampu memisahkan yeast, fungi, kekeruhan, garam terlarut, hingga virus, bakteri, trihalometan dan tanah liat. (dse)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian