Kajian Akbar Himalogista: Healthy Diets To Create Healthy Life

Jamin Kualitas, FTP Laksanakan AIM Siklus 18
Oktober 30, 2019
Pelatihan Desain Kemasan Oleh Himatitan FTP UB
Oktober 30, 2019

Kajian Akbar Himalogista: Healthy Diets To Create Healthy Life

 

Pada hari Senin, 21 Oktober 2019, Peduli Pangan Himalogista mengadakan kajian yang bertemakan Healthy Diets. Kajian ini diadakan di Lobby Kanan gedung F FTP UB pada pukul 18.00 WIB. Kajian internal ini dihadiri oleh anggota divisi peduli pangan periode 2019 dari angkatan 2016-2018. Kajian ini dipandu oleh moderator, yaitu saudari Fauziah Rismawati, dan pemateri dari saudari Vanesa Friska Adela. Dilanjutkan dengan Kajian THP “KUACI” Kajian about Healthy Diets to Create Healthy Life yang dilaksanakan pada hari Selasa, 22 Oktober 2019. Kajian ini dipandu oleh MC sekaligus moderator, yaitu saudara Rafii Priadji dan saudari Dzakiya Indriani dengan pemateri, yaitu Ulfatu Mahmuda dan ibu Siti Narsito Wulan, STP., MP yang diselenggarakan di Aula gedung F FTP UB pukul 08.20 WIB.

Diet kerap diartikan sebagai upaya menurunkan berat badan dengan cara mengurangi porsi makan dan membatasi jenis makanan yang dikonsumsi. Banyak orang yang beranggapan bahwa diet hanya perlu dijalani oleh orang-orang yang kelebihan berat badan yang ingin kurus. Padahal, pengertian diet yang seperti ini kurang tepat. Diet dalam artian sebenarnya yaitu berasal dari Bahasa Yunani Kuno yang artinya “cara hidup”.

Dalam melakukan diet terdapat pola makan yang harus diperhatikan. Pola makan dibagi menjadi dua, yaitu pola makan sehat dan pola makan tidak sehat. Pola makan tidak sehat meliputi konsumsi makanan tinggi karbohidrat, konsumsi gula berlebih, konsumsi gorengan, sedikit mengonsumsi sayur dan buah serta makan malam diatas jam 7 malam.

Diet sehat merupakan diet yang dapat membantu meningkatkan atau menjaga kesehatan tubuh dengan memnuhi kebutuhan nutrisi tubuh, misalnya karbohidrat, vitamin dan mineral yang cukup. Berbagai macam jenis diet dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Jenis-jenis diet diantaranya, yaitu:

  1. Diet Nasi Putih

Diet nasi merupakan diet yang cukup popular dilakukan masyarakat. Diet ini dijalankan dengan cara tidak mengonsumsi nasi putih. Sebagai gantinya, diet nasi dilakukan dengan hanya mengonsumsi makanan selain nasi putih dan bisa didapat dari makanan yang mengandung karbohidrat lainnya, seperti jagung maupun kentang.

  1. Diet GM

Diet yang cukup dikenal berikutnya yaitu jenis diet GM (General Motors). Diet ini dilakukan dengan cara memperbanyak minum air mineral dan menghindari alkohol. Kemudian meminum suus kedelai minimal 3 gelas dan makan buah pisang sebanyak 8 buah per hari.

  1. Diet Ketofastosis

Diet ini dilakukan dengan cara menghindari makanan karbohidrat, tinggi lemak, dan protein dalam kurun waktu 6-12 jam. Dalam diet ini, akan banyak ditemukan makanan yang mengandung hewani, seperti ayam, danging sapi, ikan, keju, dan susu.

  1. Diet Mayo

Diet mayo dikenal dengan metode pelangsingan dalam 13 hari. Selama 13 hari penuh akan dihindari makanan yang diolah dan menggunakan garam, ataupun beragam makanan asin lainnya. Pada proses puasa garam ini, terjadi kehilangan seluruh garam dan banyak air dalam tubuh sehingga berat badan akan turun dengan signifikan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian