Kiprah Mahasiswa THP pada IAAS 2014 Italia

Dahlan Iskan : “Permasalahan Pangan Tidak Mungkin Diselesaikan Tanpa Campur Tangan Teknologi”
Mei 19, 2014
Spinner Pulling Oil Karya Mahasiswa FTP Tingkatkan Produktifitas Abon Ikan Desa Banturejo Malang
Mei 20, 2014

Kiprah Mahasiswa THP pada IAAS 2014 Italia

Z25Pada ExCo Meeting yang merupakan kegiatan tahunan dari IAAS World bagi seluruh exchange coordinator untuk berdiskusi dan menyusun strategi guna meningkatkan kualitas exchange program, terdapat seorang mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian (THP) FTP UB, Asusti yang mengikutinya sebagai Vice President. 10 negara yang berpartisipasi pada exco meeting kali ini adalah Belarus, Belgia, Canada, Croatia, Yunani, Indonesia, Swedia, Switzerland, Tajkiztan dan panitia sendiri yaitu IAAS ASA Sassari, Italy. Tahun ini ExCo Meeting diadakan dari 26April sampai 3Mei 2014 di kota Sassari,Sardinia, Italia.

ExCo Meeting kali ini juga dihadiri oleh On. Luigi Lotto, Presiden Komisaris V departemen kegiatan produktif daerah otonomi Sardinia, Dott. Ssa Francesca Mosca, Presiden Eksekutif ANGA Sardinia, Dott. Forestale Marcello Caredda, Presiden Federasi Asosiasi dari Agronomi dan Himpunan Dokter Kehutanan Wilayah Sardinia, serta Prof. Giuseppe Monielloselaku  CEO asosiasi Internasional Mahasiswa UNISS .

asusti_1

Asusti (pojok kiri) disambut baik bersama Rektor Universitas Degli Studi di Sassari, Italy, Asusti menyerahkan Souvenir FTP-UB kepada rektor

Asusti yang terpilih sebagai Executive Committee (pengurus internasional) IAAS World pada ajang internasional The 56th World Congress, “Producing food for the world”  di Universidad mayor, Chile, Amerika Selatan, 17 july – 6 Agustus 2013 lalu ini  memberikan presentasi tentang pelatihan Expro (exchange program for newbies), pengetahuan dasar tentang  prosedur exchange program IAAS termasuk mempresentasikan semua hal terkait exchange program. Selain itu Asusti juga  memberikan pelatihan problem solving dalam project management dengan metode D-S-P-A (Define-Structure-Action-Plan) yang didapatkan dari McKinsey Company, memberikan workshop/pelatihan mengenai expro communication, yaitu bagaimana strategi dalam melakukan Fund Raising, sponsorship. Asusti juga mempresentasikan exchange program countries, yaitu mempromosikan tempat-tempat magang di seluruh Negara member IAAS termasuk tempat magang di IAAS Indonesia yang terdiri dari beberapa universitas (UB, IPB, Undip, Unpad, UNS, Unram, UHO) terutama UB yang mana FPTC menjadi salah satu tempat magang yang dapat dilihat di www.iaasworld.org.  Sebagai perwakilan Indonesia, Asusti tak lupa mempresentasikan makanan khas dan budaya Indonesia pada workshop traditional food and culture around the world di macomer.

Kiprah Asusti yang juga membanggakan adalah memimpin rapat mengenai Expro (exchange program) strategy serta agenda Development Fund (lelang, setiap peserta menjual barang khas dari negaranya, dimana uang yang terkumpul akan di donasikan untuk developing country/Negara berkembang yang membutuhkan).

Dari pengalaman ini, Asusti mengaku belajar banyak hal serta mendapatkan pengalaman yang begitu luar biasa, namun hal yang paling penting yang dipelajari motivasi untuk menginsipirasi dan mengajak berbagai pihak untuk terus aktif di ajang internasional sebagai bukti bahwa mahasiswa maupun masyarakat Asia, baik itu berasal dari Indonesia maupun negara manapun juga berpotensi dan mampu bersaing dan menjadi pribadi yang berkualitas di level internasional.  “Filosofi yang selama ini saya tanamkan pada diri saya adalah the most important thing in this life is not about how big your achievement but how big your contribution to be useful for others because my motto said: being rich is not about how much you have but how much you give. Oleh karena itu, saya sadari sebagai young-generation akan terus berusaha memberikan kontribusi demi kemajuan bangsa dan masyarakat Indonesia dengan terus belajar dan berkembang,” demikian disampaikan Asusti diakhir pertemuan. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian