KMTL Laksanakan Workshop Pemilahan Sampah Untuk Warga Rampal Celaket RW 4

Mahasiwa FTP UB Menjuarai Lomba Panahan di Kompetisi Orsim Brawijaya 2019
Oktober 10, 2019
Mahasiswa FTP Meraih Prestasi Juara 1 Pada Internasional World Invention Competition and Exhibition (WICE) Malaysia
Oktober 10, 2019

KMTL Laksanakan Workshop Pemilahan Sampah Untuk Warga Rampal Celaket RW 4

Pada tanggal 6 Oktober lalu, mahasiswa Teknik Lingkungan FTP UB melakukan workshop mengenai lingkungan di kelurahan Rampal Celaket RW 4. Workshop ini merupakan bagian dari rangkaian acara Malang Enviro Action 2019 yang sebelumnya sudah dilakukan di Kelurahan Sukun RW 5. Kegiatan ini merupakan program dibawah bimbingan Dr. Eng. Evi Kurniawati STP, MT , dosen Teknik Lingkungan FTP UB, yaitu dalam Penerapan Rencana Aksi Nasional (RAN) Dalam Pengelolaan Sampah di Kelurahan Rampal Celaket, Sebagai Upaya Pencapaian Sustainable Development Goals. RAN Terkait percapaian (SDGs) menjadi prioritas pembangunann nasional dan dikomitmenkan melalui PP No. 59 Tahun 2017 dengan  jumlah timbulan sampah yang didaur ulang menajdi salah satu indikator program ini.

Dalam kegiatan ini, warga dikenalkan untuk membudidayakan BSF (Black Soldier Fly) atau maggot yang memanfaatkan limbah sebagai sumber makanannya. Program budidaya BSF ini diambil dari salah satu PKM Mahasiswa Teknik Lingkungan yaitu Zewasto (Zerowaste Multi Product), yang merupakan program pengabdian masuarakat yang akan membantu menyelesaikan masalah persampahan oleh Umi Fadhilah (2017), Muhammad Abid (2017), Savira Ananda(2017), Nadhil Satria (2017), dan Riqqi Rahmaddian(2017) di Desa Sananrejo agustus lalu.

Workshop berjalan dengan baik. Warga sangat antusias dengan kegiatan ini. Banyak warga yang bertanya kepada pemateri tentang pengelolaan BSF kedepannya. Dengan penerapan budidaya BSF ini, tak hanya menambah pengetahuan masyarakat tentang daur ulang sampah, tapi juga mewujudkan Malang bebas sampah yang nantinya akan mewujudkan pembangunan masyarakat yang berbasis lingkungan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian