Kuliah Tamu Metode Disinfeksi Air Terbaru dari Mien Trung University -Vietnam

Guru Besar THP Berikan Kuliah Tamu di Kendari
September 28, 2017
Visiting Profesor Turki di FTP
Oktober 2, 2017

Kuliah Tamu Metode Disinfeksi Air Terbaru dari Mien Trung University -Vietnam

Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya melaksanakan kuliah tamu bertema “Novel Disinfection Methods in Wastewater Treatment and Aquaculture Application” di Aula FTP lantai II, Rabu (27/09/2017). Menghadirkan Dr. Eng. Vo Thanh Huy. dari Mien Trung University of Civil Engineering – Vietnam, kuliah tamu yang dimulai pukul 14.00 WIB ini dipadati sekitar 200 mahasiswa sarjana dan pasca sarjana jurusan Keteknikan Pertanian FTP.

Dalam paparannya Dr. Eng. Vo Thanh Huy menjelaskan bahwa banyak penyakit manusia disebabkan oleh kondisi air yang tercemar. Beberapa penyakit yang disebabkan kondisi air yang kurang higienis diantaranya adalah hepatitis, trachome, malaria, kolera dan diare. “Jangan tertipu dengan kondisi air yang jernih, sebab beberapa patogen tidak terlihat secara kasat mata. Untuk itu perlu treatment air yang memadai. Terutama pada pengolahan air limbah. Sebab air minum yang kita minum itu juga diantaranya berasal dari hasil pengolahan air limbah,” paparnya.

Lebih lanjut Dr. Eng. Vo Thanh Huy juga menjelaskan konsepnya tentang metode baru dalam disinfeksi air. “Beberapa teknologi desinfeksi air yang ada adalah dengan menggunakan klorin, klorin dioksida, ozon dan ultra violet. Hanya saja teknologi desinfeksi air yang ada itu umumnya masih tergolong rumit dan mahal. Makanya kami coba menawarkan alternatif metode baru dengan metode pemberian karbon dioksida bertekanan tertentu. Logikanya, mereka para patogen itu membutuhkan oksigen untuk berkembang tetapi yang kita berikan justru karbondioksida, sehingga mereka akan lebih sulit berkembang. Saya yakin ini merupakan alternatif yang baik bagi desinfeksi air dimasa depan karena sifatnya yang murah dan mudah diaplikasikan,”pungkasnya. (dse)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian