Kuliah Tamu Organic Product dari Jerman

Kunjungan Siswa SMAN 1 Sukodadi Lamongan
Februari 23, 2012
LOWONGAN PT. BLAMBANGAN FOODPACKERS INDONESIA
Maret 1, 2012

Kuliah Tamu Organic Product dari Jerman

FTP– Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya kembali menggelar kuliah tamu (kultam) dengan menghadirkan seorang pakar dari luar negeri. Kali ini bertajuk “Prospect of Organic Product in The Future” dan Profesor Elke Pawelzik dari Universitas Goettingen , Jerman, sebagai narasumber utama, Jumat (23/2), di Auditorium  FTP lantai 2.

Elke, dosen Departement of Crop Sciences, Section Quality of Plant  Products Faculcty of Agriculture Universitas Goettingen Jerman tersebut menyampaikan dua materi yakni Influence of  Fertilizer or Reasons for Mechanical Damage of Potatoes dan Tomato Fruit Quality in Organic Productions.

Pada sesi pertama, wanita paruh baya yang masih energik itu  menyampaikan kuliah secara panel bersama Dr. Ir. Wahyu Supartono dari Universitas Gajahmada yang juga membawakan materi berjudul Life Cycle Assessment in Food Industry. Kemudian pada sesi kedua Elke tampil bergantian bersama Dr. Lily Agustina yang membawakan materi Organic Farming.

Secara terpisah, disampaikan Elke, pertanian organik mempunyai prospek yang cukup besar di masa depan. Mengingat semakin tumbuhnya kesadaran masyarakat mengenai kesehatan terkait keamanan pangan,  bahaya dan efeknya bahan pangan atau produk pertanian yang tercemar senyawa kimia akibat sistem pertanian non organik.

In the future, with more higesh degree of the education and ecomonic growth,  people will choice food production by organic farming,” lugasnya .

Kuliah tamu yang diselenggarakan di Auditorium FTP  lantai 2 tersebut, dibuka langsung Dekan FTP, Dr. Ir. Bambang Susilo, M. Sc. Agr. Diungkapkannya, tujuan diadakan kuliah tamu dengan nara sumber dari luar negeri yang relatif sering di FTP adalah selain untuk meningkatkan wacana mahasiswa dengan prespective global, juga mengelimir keterbatasan kuantitas  dosen di FTP  yang baru berdiri 15 tahun namun  besar  student body saat ini mencapai 2554 mahasiswa. Disampaikanya lebih lanjut, kegiatan kuliah tamu tersebut digagas sebagai wujud nyata upaya pengembangan kapasitas berkelanjutan  di FTP dalam rangka merealisasikan program  Go Internasional dan memenuhi standar kualifikasi internasional.

Kegiatan interaktif yang dimotori Yusron Sugiarto, STP. MP. MSc sebagai ketua pelaksana ini, nampak selalu dipadati mahasiswa PS Sarjaan dan Magister secara membludak. Terbukti 300 kursi yang disediakan panitia terisi penuh mulai dari sesi pertama hingga selesai pada sore hari. Turut hadir Pembantu Rektor I, Prof. Dr. Ir. Bambang Suharto, MS dan Pembantu Dekan I, Dr. Ir. Bambang Dwi Argo, DEA dan Pembantu Dekan  III, Dr. Ir. Elok Zubaidah, MP serta Ketua Jurusan di lingkungan FTP serta para dosen. (elr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian