Kuliah Tamu Prof. Jhy Tong Teng – Taiwan

SMAN I Taman Kunjungi FTP
Januari 22, 2016
PENGUMUMAN PENGAMBILAN IJAZAH
Januari 26, 2016

Kuliah Tamu Prof. Jhy Tong Teng – Taiwan

_MG_8939Prof. Jhy Tong Teng Ph. D. dari Mechanical Engineering Chung Yuang Christian University Taiwan memberikan kuliah tamu bertema “History of Technology Relating to Agriculture” pada ratusan mahasiswa Keteknikan Pertanian (TEP) Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya di Aula FTP lantai II, Jumat (22/01/2016).

“Seiring perkembangan jaman, penggunaan teknologi dalam pertanian juga makin berkembang. Jika pada masa masa sebelumnya pertanian lebih konvensional, saat ini telah banyak aplikasi teknologi yang diterapkan dalam pertanian.  Sayangnya pada beberapa negara, penggunaan teknologi terkadang masih terkendala pada biaya yang mahal. Di banyak negara maju, banyak petani dan industri yang menerapkan penggunaan teknologi modern pada pertanian. Revolusi pertanian didorong oleh penemuan mesin mesin dan berbagai metode baru dalam bidang pertanian, ” paparnya.

“Secara umum sejarah penggunaan teknologi di bidang pertanian dipicu oleh kebutuhan pembukaan lahan dan pemenuhan pangan oleh bangsa Amerika dan Eropa sekitar abad ke-18. Lambat laun, penggunaan teknologi makin meluas ke negara lain termasuk ke Asia. Di Taiwan mungkin tidak terdapat lahan persawahan yang luas, tetapi Taiwan memiliki beras berkualitas berkat penggunaan teknologi pengolahan modern. Penggunaan teknologi ini mulai dari benih, cara tanam, pemeliharaan, panen, hingga pascapanen. Selain itu mengingat terbatasnya tenaga kerja di sektor ini juga membuat Pemerintah Taiwan menerapkan alat dan mesin di bidang pertanian. Saat ini banyak petani Taiwan telah mahir menanam berbagai jenis sayuran dan aneka buah dengan sistem modern termasuk dengan sistem organik.  Sebagai contoh, pada sisten penanaman padi  Taiwan menggunakan mesin tanam  yang selain lebih efisien waktu dan tenaga juga membuat tanaman rapi, karena secara otomatis telah memisah-misah bibit dengan jumlah yang sama dan dalam satu garis.  Berkat mesin berkecepatan 3 jam/ha ini, hasil ekspor produk pertanian Taiwan mencapai sekitar USD 11,8 miliar atau 1,5% pendapatan nasional, ” tambahnya lebih lanjut.

Tidak hanya memaparkan penggunaan teknologi dalam pertanian, Prof Jhy Tong Teng juga menjelaskan Chung Yuang Christian University (CYCU) Taiwan  sekaligus kemungkinan student exchange dan scholarship yang tersedia. “Chung Yuang Christian University Taiwan berdiri sejak 1955. Saat ini CYCU telah memiliki lebih dari 78.000 alumni dari berbagai negara. Bahkan salah beberapa dosen kalian juga merupakan alumnus Chung Yuang Christian University Taiwan seperti Dina Wahyu Indriani, M.Sc. dan Yusuf Wibisono M.Sc.  Terdapat beberapa program yang ditawarkan dalam bahasa Inggris maupun Mandarin untuk sarjana dan pasca sarjana.  CYCU juga telah meraih “Good Universities in Student Counseling” oleh CGA. Selain itu hasil penelitian CYCU dinilai “Excellent” oleh MOE 5 tahun terus menerus. CYCU juga menyediakan beasiswa untuk mahasiswa internasional sampai dengan NT$6,000/bulan ditingkat S2 dan NT$15,000/bulan untuk level doktoral,” pungkasnya. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian