Kuliah Tamu Teknologi Pengolahan Pangan Padat

Jadwal UTS Semester Genap 2018/2019
Maret 8, 2019
Dosen TIP Ikuti Seminar Nasional Pertanian 2019
Maret 10, 2019

Kuliah Tamu Teknologi Pengolahan Pangan Padat

Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya mengadakan kuliah tamu Teknologi Pengolahan Pangan Padat, Sabtu (09/03/2019) di Aula FTP lantai II. Menghadirkan Nella Anindy Gadis, STP. dan Christina Kurniawan, B.App.Sc. STP dari PT. Ciomas Adisatwa (JAPFA), kegiatan ini diikuti sekitar 200 mahasiswa jurusan Teknologi Hasil Pertanian.

Dalam paparannya, Nella dan Christina memaparkan proses pembuatan sosis dan nugget ayam sebagai salah satu bentuk teknologi pengolahan pangan padat. “Yang perlu diperhatikan dalam pengolahan pangan adalah kualitas bahan baku dan sanitasi. Bahan baku yang baik, sanitasi yang terjaga serta pemilihan teknologi yang tepat akan menghasilkan produk yang berkualitas.  Sebab industri pangan sangat mengutamakan kualitas produk dan keamanan pangan,” jelasnya Nella Anindy Gadis, STP. yang merupakan staff Research and Development Department PT. Ciomas Adisatwa.

Lebih lanjut dijelaskan pula tahapan tahapan pembuatan sosis dan nugget ayam. “Meski hampir sama, tetapi ada sedikit perbedaan dalam proses pembuatan sosis dan nugget. Proses pembuatan sosis dimulai dari persiapan bahan baku (meat dan premix), mixing, filling, cooking yang lalu dilanjutkan dengan proses cutting, packing dan freezing. Sebaiknya, kita simpan sosis tersebut pada suhu -18 derajad celcius untuk menjaga kualitasnya,”  pungkasnya.

Selain itu, dijelaskan pula proses pembuatan nugget oleh Head of Research and Development Department PT. Ciomas Adisatwa, Christina Kurniawan, B.App.Sc. STP. “Jika pembuatan sosis mengalami proses cutting, pada pengolahan nugget tidak ada. Setelah melalui persiapan bahan baku, langkah selanjutnya adalah mixing, forming, coating dan cooking. Setelah itu produk akan mengalami proses freezing terlebih dahulu sebelum dipacking dan diedarkan,” jelasnya. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian