Kuliah Tamu Uji Sensoris PT. Greenfields Indonesia

Visiting Profesor Turki di FTP
Oktober 2, 2017
Announcement for SKPI and Transcript II 2017/2018
Oktober 4, 2017

Kuliah Tamu Uji Sensoris PT. Greenfields Indonesia

Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya melaksanakan kuliah tamu bertema “Uji Sensoris” di Aula FTP lantai II, Sabtu (30/09/2017). Menghadirkan praktisi dunia industri, Asep S. Nur, STP dari PT. Greenfields Indonesia, kuliah tamu yang dimulai pukul 08.00 WIB ini dipadati sekitar 300 mahasiswa sarjana dan pasca sarjana jurusan Teknologi Hasil Pertanian FTP.

Dalam paparannya Asep memaparkan bahwa uji sensori merupakan bagian yang terintegrasi dengan sistem kontrol mutu secara keseluruhan. “Dalam dunia industri, kontrol mutu merupakan hal yang mutlak dilakukan dan uji sensori merupakan satu bagian yang terintegrasi di dalamnya. Quality sendiri merupakan kesesuaian karakteristik produk dengan persyaratan konsumen, baik secara fisik, kimia maupun mikrobiologi. Sementara Uji sensori merupakan suatu disiplin ilmu yang digunakan untuk merasakan, mengukur dan mengintegrasikan reaksi terhadap beberapa karakteristik pangan dan material yang diterima melalui penglihatan, rasa, sentuhan dan pendengaran,” papar Asep yang merupakan Head of Quality Assurance PT. Greenfields Indonesia.

Lebih lanjut alumnus Teknologi Pangan dan Gizi IPB ini melanjutkan, “Metode uji sensori dibagi dalam tiga kategori yaitu diskriminasi untuk membedakan sampel dan standar, afektif untuk menganalisa tingkat keterimaan atau preferensi terhadap sampel dan deskriptif guna melakukan profiling atau deskripsi produk. Dalam kontrol mutu, uji sensori dilakukan dalam tiga tahapan yaitu penerimaan bahan baku, proses produksi serta pada produk akhir,” jelasnya.

Selain itu Asep yang juga pernah menjabat sebagai Quality Assurance PT. Kapal Api Group ini juga menjelaskan beberapa faktor yang mempengaruhi kesuksesan kontrol mutu sensori diantaranya adalah panelis, integrasi sistem kontrol mutu serta metode yang digunakan. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian