Kuliah Tamu Waste Management

Mahasiswa THP Raih Emas di International Young Inventors Award 2016
September 9, 2016
Pengumuman Pengambilan Transkrip Periode XII TA 2015/2016
September 21, 2016

Kuliah Tamu Waste Management

20160919_095016[1]Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya menggelar kuliah tamu bertajuk Overview of Solid Waste Management in Japan, Senin (19/09/2016). Menghadirkan Assoc. Profesor Tomoo Sekito dari Department of Civil and Environmental University of Miyazaki – Jepang, kegiatan yang dibuka Wakil Dekan III FTP ini dilaksanakan di Aula FTP lantai II mulai pukul 09.00 WIB.

Dalam sambutannya ketika membuka acara, Wakil Dekan III FTP, Yusuf Hendrawan, STP. M.App.Life.Sc. Ph.D. mengatakn,”Kegiatan kegiatan kuliah tamu dengan menghadirkan para pakar dari berbagai dunia merupakan agenda rutin FTP sejalan dengan visi dan misinya untuk go international. Terimakasih untuk Prof. Sekito Sensei yang telah berkenan membuka wawasan mahasiswa FTP kali ini. Harapannya kuliah tamu ini dapat menjadi opportunity bagi para mahasiswa untuk change and open mind about variable things in Japan tentang pengendalian limbah dan pengelolaan lingkungannya,” paparnya dihadapan sekitar 250 mahasiswa Keteknikan Pertanian berbagai prodi yang memadati Aula.

Sementara itu dalam paparannya pakar lingkungan University of Miyazaki , Assoc. Prof. Tomoo Sekito menjelaskan tentang peranan masyarakat dalam penanganan limbah. “Limbah adalah masalah yang serius termasuk di negara maju sekalipun. Terdapat berbagai metode penanganan limbah. Tetapi sejatinya penanganan limbah yang baik memerlukan kontribusi dari berbagai pihak, yaitu pemerintah, industri, pendidikan dengan inovasinya serta masyarakat. Di Jepang, ada gerakan chonaikai yang digalakkkan sejak beberapa puluh tahun lalu. Chonaikai merupakan masyarakat peduli lingkungan. Melalui gerakan ini warga digalang kesadarannya tentang cara membuang dan memilah-milah sampah, sehingga memudahkan dalam pengolahannya. Inti gerakan ini adalah Reduce, Reuse, and Recycle. Masyarakat yang terbiasa mengurangi pembuangan sampah, menggunakan kembali, dan mengoptimalkan daur ulang akan menekan kuantitas limbah nasional secara signifikan. So, it is not only about the technique or the government but its also about society. ” tutur pakar lingkungan Jepang yang tertarik dengan program Bank Sampah milik masyarakat Malang ini.

Selain memberikan kuliah tamu, Assoc. Profesor Tomoo Sekito juga melakukan field trip ke laboratorium Teknik Sumberdaya Alam dan Lingkungan TEP serta melakukan dialog dengan ketua program studi dan perwakilan research group (RG) di lingkungan FTP UB di akhir acara. Tampak hadir dalam dialog yang dihelat di Ruang Sidang FTP lantai 8 itu diantaranya Ketua Jurusan Keteknikan Pertanian (TEP), Dr. Ir. J. Bambang Rahadi, MS., perwakilan RG Halal and Qualified Industry Development, Dr. Retno Astuti, STP, MT. dan Mas’ud Effendi, STP. MP., perwakilan RG Bioprocess and Waste Technology, Angga Dheta Shirajjudin Aji, S.Si. M.Si. serta beberapa dosen Keteknikan Pertanian lainnya. Harapannya kegiatan ini dapat menjadi inisiasi kerjasama antar FTP UB dan University of Miyazaki. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian