Kuliah Tamu Wastewater Treatment dari University of Southampton – UK

Penandatanganan MoU FTP dan University of Southampton
Agustus 28, 2017
International Workshop Aerobic Granula Sludge dari University of Southhampton
Agustus 30, 2017

Kuliah Tamu Wastewater Treatment dari University of Southampton – UK

Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya menyelenggarakan kuliah tamu bertajuk “Towards Energy Neutral Wastewater Treatment”, Selasa (29/08/2017) Menghadirkan Dr.Yongqiang Liu dari University of Southampton – United Kingdom, kuliah tamu yang dilaksanakan di Aula FTP lantai 2 mulai pukul 09.00 WIB ini dihadiri sekitar 500 mahasiswa jurusan Teknologi Industri Pertanian.

Dalam paparannya, Dr. Yongqiang Liu menjelaskan bahwa sumber energi berbasis pengolahan air limbah merupakan salah satu solusi yang mulai banyak diterapkan di negara maju. “Saat ini dunia industri makin berkembang yang juga dibarengi dengan meningkatnya kebutuhan energi. Tetapi banyak negara maju yang mulai mengaplikasikan pengolahan air limbah menjadi sumber energi, contohnya di Denmark. Mereka telah meningkatkan efisiensi pabrik dan mengurangi konsumsi energi dengan mengoptimalkan semua prosesnya. Di Denmark terdapat sebuah pabrik yang menghasilkan energi 40 persen lebih banyak dari yang dibutuhkannya serta 2,5 GW panas bagi sistem pemanas setempat tanpa menambahkan limbah organik atau karbon eksternal.Produksi energi berlebih ini cukup untuk memenuhi kebutuhan pasokan air minum dan fasilitas pengolahan air limbah di wilayahnya sehingga limbah tidak terbuang percuma melainkan dapat diolah menjadi suatu sumber energi,” paparnya

Dipaparkan koordinator kegiatan, Sri Suhartini, STP, M.Env. Mgt, PhD., bahwa kuliah tamu dengan dosen asing ini bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa serta menginisiasi berkelanjutan di bidang penelitian dan peluang kerjasama antar FTP UB dan University of Southampton – United Kingdom. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian