Kultam Food Science and Technology Program Pascasarjana THP

JADWAL PENDAFTARAN PASCASARJANA FTP TAHUN AKADEMIK 2013/2014
Februari 27, 2013
HIMATITAN FTP UB Terima Kunjungan Mahasiswa UGM
Maret 8, 2013

Kultam Food Science and Technology Program Pascasarjana THP

Program Pasca Sarjana Teknologi Hasil Pertanian (THP) Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB), menyelenggarakan Kuliah Tamu Food Science and Technology dengan nara sumber Profesor Tzou Chi Huang, Ph.D dan Associated Professor Jue Liang Hsu, Ph.D dari Universitas Pingtung,Taiwan, Kamis (7/3/2013).

Kegiatan yang digagas Ketua Program Studi Pasca Sarjana THP, Dr. Ir. Joni Kusnadi, MSi. tersebut berlangsung di gedung pasca sarjana FTP UB. Ada dua topik yang dibahas, antara lain, Pangan Fungsional di Taiwan (Funtional Food in Taiwan) yang dipaparkan Profesor Tzou Chi Huang, Ph.D dan Targeting Proteomics for Protein N Terminal Acetylation oleh Associate Professors, Jue Liang Hsu, Ph.D. Kedua berasal dari Departemen Biological Science and Technology National Pingtung University of Science and Technology.

Membuka workshop ini, dalam sambutannya, Dekan FTP, Dr. Ir. Bambang Susilo, M. Agr. Sc menaruh harapan adanya pengembangan di ranah penelitian, kualitas pendidikan dan peningkatan jumlah publikasi ilmiah di FTP. Dan salah satu cara mencapainya dengan menggelar kultam internasional yang merupakan kesempatan bagus untuk sharing informasi ilmiah bersama pakarnya sehingga dapat memperluas perpektif mahasiswa. Dimana, imbuhnya, hal itu penting dilakukan, tidak hanya untuk mempersiapkan pondasi kegiatan kerjasama penelitian internasional tetapi juga penting untuk membuat sistem untuk kemajuan bersama.

“Saya melihat even ini sebagai kesepatan untuk belajar dari pengalaman dalam penelitian dan membangun jaringan kerja para pakar yang dapat membantu mewujudkan harapan kami,” lugasnya.

Pada kesempatan pertama, Tzou Chi Huang memaparkan overwiew Jurusan Imu dan Teknologi Biologi Universitas Pingtung Taiwan dan aktifitas mahasiswa double degree. Dalam kuliahnya menekankan urgensi pangan fungsional di Taiwan berkembang lebih kepada menunjang kesehatan. Mengingat kecenderungan pola makan masyarakat global pada makanan cepat saji membawa dampak buruk pada kesehatan. Seperti obesitas yang memicu penyakit jantung, diabetes dan banyak penyakit lainnya tak lain lantaran banyaknya kandungan glucose dan lemak pada asupan makanan.
Sementara itu Jue Liang Hsu, mengungkapkan hasil risetnya mengenai bebeapa metode dalam mengidentifikasi proteomics pada asimilasi protein N terminal dan tantangan dalam menganalisa protemics serta Beyond Protein Na-acetylation Mapping.

Kuliah umum ini diikuti oleh segenap mahasiswa pascasarjana THP dan dosen FTP, tampak hadir ketua dan sekretaris Jurusan Keteknikan Pertanian, Dr. Ir. Bambang Rahadi, MS dan Yusuf Hendrawan, STP. M. App.Life Sc, PhD. Beberapa pertanyaan yang terlontar pada sesi diskusi terkait materi yang dibawakan.[elr]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian