Laboran Berprestasi UB dari FTP

Yudisium 26 September 2014
September 26, 2014
HIMAGIHASTA FTP UJ Kunjungi FTP UB
September 27, 2014

Laboran Berprestasi UB dari FTP

nonoBerdasarkan Surat Keputusan Rektor (SK Rektor) Universitas Brawijaya Nomor 395 Tahun 2014 tentang Penetapan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi Tingkat Universitas Brawijaya Tahun 2014, Laboran Laboratorium Teknik Pengolahan Pangan dan Hasil Pertanian (TPPHP) jurusan Keteknikan Pertanian (TEP), Ir. Supriyono, terlipih menjadi Laboran Berprestasi tingkat Universitas.

Melalui kegiatan penerapan teknologi “Pengenalan Teknologi Tepat Guna dan Pengolahan Rumput Laut pada Kelompok Wanita Tani Rumput Laut Segara Caksu, Desa Lembongan Bali sebagai Upaya untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Lokal” yang dilaksanakan di Provinsi Bali akhir tahun 2013 lalu menjadikan Ir. Supriyono memiliki nilai tambah selain prestasinya pada kinerja laboran lab TPPHP TEP.

Kegiatan ini merupakan penerapan aplikasi teknologi hasil pertanian pada pengolahan dodol berbahan dasar rumput laut hingga mampu mendongkrak  taraf perekonomian masyarakat setempat. Hal yang mengagumkan mengingat sebelumnya tidak terdapat industri kecil pengolah rumput laut disana, tetapi saat ini Kelompok Tani Segar Caksu justru telah menjadi percontohan di bidang wirausaha pengolahan rumput laut. Tidak hanya itu, kelompok Tani Segar Caksu bimbingan Ir. Supriyono bahkan juga sering menjadi obyek aktivitas studi banding dari masyarakat luar Bali.  “Kami cukup prihatin melihat taraf perekonomian desa itu, padahal mereka mempunyai potensi alam yang melimpah pada rumput laut. Dodol adalah jenis makanan yang relatif digemari masyarakat luas dan cukup mudah pengolahannya. Kami juga berpikir tentang aplikasi teknologi yang harus ramah lingkungan dan mudah diaplikasikan masyarakat setempat. Nah, berangkat dari pemikiran itulah yang melatari kami melakukan kegiatan ini. Jadi bagaimana meningkatkan perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan komoditas lokal secara optimal dengan penerapan teknologi sederhana tepat guna,”tutur Ir. Supriyono yang alumnus Teknologi Hasil Pengolahan Pertanian UWK. Widya Karya Malang ini.  Selanjutnya, Ir. Supriyono akan mewakili Universitas Brawijaya sebagai laboran berprestasi di tingkat Nasional. (dse)

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian