Lagi, Mahasiswa FTP Raih Bronze Medal di Malaysia

Mahasiswa FTP Raih 2nd Runner Up dalam Unilever Future Leader League 2019
Desember 4, 2019
Mahasiswa FTP Raih Prestasi di LKTIN Dinas Kehutanan Jawa Timur
Desember 5, 2019

Lagi, Mahasiswa FTP Raih Bronze Medal di Malaysia

Untuk yang kesekian kali, mahasiswa FTP meraih penghargaan di Malaysia. Kali ini, prestasi membanggakan datang dari Rizki Afrilianingsih, mahasiswa Teknologi Industri Pertanian (TIP) angkatan 2017. Dibawah bimbingan Gembong Edhi Setyawan, ST.,MT , Rizki bersama team nya yang merupakan mahasiswa Vokasi, FILKOM dan FMIPA bersama-sama menciptakan inovasi berupa kursi roda yang dapat dikontrol secara mandiri oleh penyandang disabilitas tanpa bantuan orang lain. Karya ini dilombakan pada International Invention and Innovative Competition di Selangor, Malaysia pada 2 November 2019.

Latar belakang dari penelitian ini adalah kesulitan yang dirasakan oleh penyandang disabilitas untuk beraktivitas secara mandiri. Rizki dan team nya membuat prototype penelitian yang diterapkan dalam bentuk robot beroda. Penelitian ini menggunakan gestur tangan untuk mengontrol pergerakan robot beroda agar dapat berjalan sesuai yang diinginkan. Harapannya, kursi roda ini dapat diterapkan di masa mendatang untuk membantu penyandang disabilitas secara fisik dalam beraktivitas dan dapat mengontrol pergerakan kursi rodanya secara mandiri tanpa memerlukan bantuan orang lain.

Rizki mengungkapkan bahwa hal terbaru dalam penelitian ini adalah metodenya. Mereka menggunakan metode Kalman Filter yang bertujuan sebagai filtering. Filtering ini digunakan sebagai data input yang lebih akurat untuk menggerakan robot beroda secara stabil.

International Invention and Innovative Competition adalah kompetisi kelas dunia yang mencari individu atau kelompok baik itu profesional maupun mahasiswa untuk menciptakan ide yang kreatif, inovative, dan mampu menyelesaikan permasalahan dalam komunitas/ masyarakat. Tema yang diangkat dalam kompetisi ini adalah “Leading Towards Creativity and Innovation“. Seluruh peserta yang terpilih diundang ke Malaysia untuk melakukan presentasi atas ide nya dan berkesempatan untuk publish dalam Innovative Scientific Journal (ISJ). (Din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian