M3 Smart Control Pasteurization, Solusi Pengolahan Susu Sapi Peternak Sapi

(MOBO) Modified BOD5 Berbasis Kontrol Suhu Untuk Mempercepat Analisa BOD5
Juni 6, 2016
Pengumuman Pengambilan Transkrip Periode V TA 2015/2016
Juni 6, 2016

M3 Smart Control Pasteurization, Solusi Pengolahan Susu Sapi Peternak Sapi

Susu sapi merupakan bahan pangan yang sangat bergizi dan hampir disukai seluruh masyarakat. Namun produksi susu sapi dapat menjadi percuma karena kurangnya penanganan pasca pemerahan pada peternak sapi. Susu sapi yang mengalami kerusakan dapat mengurangi nilai jual dan penurunan gizi. Lima mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) menciptakan M3 Smart Control Pasteurization, sebuah alat pasteurisasi yang dapat menampung susu hasil pemerahan untuk dapat dipasteurisasi langsung.

Tim yang terdiri atas Dwiki Muhammad Angkasawan, Nur Kholifatul Fithriyah Ghaby, Kusuma Faisal, Imaniar Nurhikmawati dan Nani Sumarni berpendapat, cara pemerahan tradisional memiliki beberapa kelemahan,  salah  satunya  yaitu  susu  yang  dihasilkan  kurang  steril  akibat masuknya bakteri dari lingkungan kandang dan juga faktor lain.

Dwiki menuturkan, “M3 Smart Control Pasteurization dapat menjadi solusi sistem pemerahan pada perternakan sapi di Desa Mantung, Kabupaten Malang,“ terangnya Sistem kerja alat ini adalah menyambungkan isi selubung double jacket dengan air hingga penuh lalu dimasukkan susu yang akan dipasteurisasi dengan kapasitas tangki maksimal adal 30 liter. Mesin dinyalakan dengan menghubungkan kabel ke sumber listrik dan menyalurkan selang gas dengan tabung gas/biogas sebagai sumber panas saat pasteurisasi. Mesin dinyalakan dengan menekan tombol power dan siatur suhu pemanasan 63ºC dan ditunggu hingga 30 menit.

Keunggulan M3 Smart Control Pasteurization bersifat portable sehingga dapat dipindahkan sesuai dengan tempat pemerahan susu sapi. M3 memecahkan permasalahan meminimalisir kontaminasi agar susu berkualitas tinggi, dan dapat meningkatkan pendapatan peternak dengan susu pasteurisasi yang dihasilkan mesin. Kualitas susu yang baik membuat harga jual susu di atas harga rata-rata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian