Mahasiswa FTP Ikuti Cultural Exchange di Jepang

Food Fest Sweet & Sweat 2015
Oktober 9, 2015
Autohemodializer Karya Mahasiswi THP Juarai Djarum Surabaya Writing Competition 2015
Oktober 12, 2015

Mahasiswa FTP Ikuti Cultural Exchange di Jepang

1442947046530Dua mahasiswi Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya baru saja kembali dari Tokyo Jepang untuk mengikuti program ‘Short Course and Student Workshop of Cultural Exchange selama dua hari (18-19/09/2015). Kedua mahasiswi tersebut adalah Annisa Ulfah Pristya (THP 2012) dan Tiara Wiranti (TEP 2013).

Dipaparkan Annisa, bahwa selama disana mereka bertukar bahasa dan budaya dengan masyarakat lokal dan sesama peserta workshop. “Selama dua hari disana, banyak agenda yang kami lakukan seputar cultural exchange. Pada hari pertama, kami mengikuti pelatihan bahasa Jepang di Incul, UPT Bahasa Takushoku University.  Sementara di hari kedua kami mempelajari budaya lokal Jepang dengan menggunakan pakaian adat (kimono) dan mengikuti upacara minum teh. Selama disana kami juga memperkenalkan budaya dan bahasa Indonesia melalui berbagai sarana. Dan rata rata peserta exchange yang kami ajak sharing, umumnya mereka cukup excited untuk belajar budaya RI. Beberapa peserta bahkan tampak cukup familiar dengan makanan lokal Indonesia yang kami coba kenalkan. Seperti nasi goreng, mie goreng, nasi pecel, ternyata cukup dikenal diantara sesama peserta exchange. Dan mereka sangat tertarik tentang hal ini,” papar Annisa yang juga Mapres II FTP 2014.

Short Course and Student Workshop of Cultural Exchange ini merupakan event tahunan yang diselenggarakan Kaila Foundation Cooperation. Tahun ini Cultural Exchange  diselenggarakan di Intercultural Institute of Japan (INCUL) – Takushoku University. Kegiatan hari pertama dipusatkan di Akihabara Perfectur sementara hari kedua berlokasi di Asakusa Perfectur.  Annisa dan Tiara merupakan satu satunya wakil Universitas Brawijaya bersama kedua belas mahasiswa lain delegasi Indonesia. Short Course and Student Workshop of Cultural Exchange 2015 yang diikuti sekitar 100 mahasiswa berbagai negara se Asia Pasific ini menitik beratkan pada pertukaran budaya, persahabatan dan kearifan lokal. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian